Page 25 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 25

audio/video), tclckonfcrcnsi audio dan video (audio/video
        telecon(erencing), scrta komunikasi audio-grafik (Taylor, 2000).
        Scclangkan gcncrasi kcempat yang climulai scjak awal tahun  1990-
        an. dicirikan dcngan pcngunaan jaringan Internet dan Intranet yang
        sangat ckstensif, tcrutama untuk kepcntingan interaksi mclalui apa
        yang discbut computer-medialed communication (Taylor, 2000).
        Gencrasi kccmpat yang dikcnal sebagai gcncrasi pcmbelajaran
        f1cksibcl (Flexihlc !~earning Model)  ini  tcrus bcrkcmbang sciring
        dengan perkcmbangan teknologi informasi dan komunikasi yang
        sangat pcsat, dan tclah mclahirkan gcncrasi bcrikutnya yang
        mengintcgrasikan scmua kcmampuan teknologi scbclumnya,
        schingga mclahirkan suatu au/Omated re.1ponse svstem.  Gcncrasi
        kclima yang kcmudian disebut scbagai model pcmbclajaran f1cksibcl
        yang lcbih ccrdas (The lntelligen/ Flexihlc !~earning ,\lode!) olch
        Taylor (2000) ini juga dieirikan dengan pcngcmbangan portal
        institusi pcnyelcnggara PTJ.J  untuk mcningkatkan akscs pescrta
        didiknya tcrhadap sumbcr dan layanan hantuan bclajar.  Pada
        gcnerasi PTJJ kccmpat dan kclima inilah lahir jargon yang sangat
        populcr di  masyarakat scpcrti c-lcarning clan mobile.  learning yang
        lcbih mcmasyarakatkan lagi  fcnomcna PTJJ kc kalangan yang
        scbclumnya tidak pcrnah mcmanclang scbclah mata pada sistcm
        PT.JJ.  ITa!  ini karcna intcgrasi pcman!~1atan satu bcntuk tcknologi
        inf'onnasi dan komunikasi clcngan bcntuk tcknologi infonnasi dan
        komunikasi lainnya mcmungkinkan sistcm pembclajaran pada PTJJ
        clirancang mcnjadi intcraktif, pcrsonali::.ed,  namun tctap mcmiliki
        daya jangkau yang luas.  Tabcl  1 juga mcmpcrlihatkan bahwa
        tcknologi pacla gcncrasi kccmpat dan kclima.
              Walaupun dcmikian, pcnggunaan tcknologi canggih yang
        scmakin mcningkat tidak mcninggalkan pcnggunaan bahan ajar
        cctak (printed materials) sccara mcnycluruh.  Data mcnunjukkan
        bahwa pcnggunaan bahan ajar cctak masih tctap mcndominasi
        mctodc pcnyampaian matcri ajar utama di  banyak institusi P.JJ








                                                                    11
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30