Page 25 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 25
audio/video), tclckonfcrcnsi audio dan video (audio/video
telecon(erencing), scrta komunikasi audio-grafik (Taylor, 2000).
Scclangkan gcncrasi kcempat yang climulai scjak awal tahun 1990-
an. dicirikan dcngan pcngunaan jaringan Internet dan Intranet yang
sangat ckstensif, tcrutama untuk kepcntingan interaksi mclalui apa
yang discbut computer-medialed communication (Taylor, 2000).
Gencrasi kccmpat yang dikcnal sebagai gcncrasi pcmbelajaran
f1cksibcl (Flexihlc !~earning Model) ini tcrus bcrkcmbang sciring
dengan perkcmbangan teknologi informasi dan komunikasi yang
sangat pcsat, dan tclah mclahirkan gcncrasi bcrikutnya yang
mengintcgrasikan scmua kcmampuan teknologi scbclumnya,
schingga mclahirkan suatu au/Omated re.1ponse svstem. Gcncrasi
kclima yang kcmudian disebut scbagai model pcmbclajaran f1cksibcl
yang lcbih ccrdas (The lntelligen/ Flexihlc !~earning ,\lode!) olch
Taylor (2000) ini juga dieirikan dengan pcngcmbangan portal
institusi pcnyelcnggara PTJ.J untuk mcningkatkan akscs pescrta
didiknya tcrhadap sumbcr dan layanan hantuan bclajar. Pada
gcnerasi PTJJ kccmpat dan kclima inilah lahir jargon yang sangat
populcr di masyarakat scpcrti c-lcarning clan mobile. learning yang
lcbih mcmasyarakatkan lagi fcnomcna PTJJ kc kalangan yang
scbclumnya tidak pcrnah mcmanclang scbclah mata pada sistcm
PT.JJ. ITa! ini karcna intcgrasi pcman!~1atan satu bcntuk tcknologi
inf'onnasi dan komunikasi clcngan bcntuk tcknologi infonnasi dan
komunikasi lainnya mcmungkinkan sistcm pembclajaran pada PTJJ
clirancang mcnjadi intcraktif, pcrsonali::.ed, namun tctap mcmiliki
daya jangkau yang luas. Tabcl 1 juga mcmpcrlihatkan bahwa
tcknologi pacla gcncrasi kccmpat dan kclima.
Walaupun dcmikian, pcnggunaan tcknologi canggih yang
scmakin mcningkat tidak mcninggalkan pcnggunaan bahan ajar
cctak (printed materials) sccara mcnycluruh. Data mcnunjukkan
bahwa pcnggunaan bahan ajar cctak masih tctap mcndominasi
mctodc pcnyampaian matcri ajar utama di banyak institusi P.JJ
11