Page 20 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 20

untuk menjaga kualitas tidak bcrarti seratus persen melupakan aspek
        akscs.  Sepetii telah diutarakan oleh Peters ( 1993), pcrkcmbangan
        teknologi  informasi dan komunikasi telah memungkinkan
        discimbangkannya aspck akscs dan kualitas ini.  Intcraksi dua arah
        antara mahasiswa dengan institusi dan instruktur/tutor sekarang
        dengan "mudah" dan relatif ccpat dapat dilakukan melalui media
        clcktronik sepcrti audio/video con/erencing dan co111puter
        con(('rcncing.  Dengan dcmikian, ketc11)isahan antara kegiatan
        t'ncngajar (teaching act) dengan kegiatan belajar (learning etc!)  yang
        menimbulkan suatu jarak psikologis dan komunikasi (transactional
        distance) dalam proses pembelajaran (Moore,  1993), dapat
        diminimalkan (Peters. 1993).


        DARI  PENDIDIKAN JARAK JAUH MENUJU PENDIOIKAN
        TERBUKA

             Beragam kcmudahan yang dibcrikan olch tclmologi juga Ielah
        memicu pemikir<m yang lebih luas ten lang P J.J.  Konscp
        kctcrpisahan fisik antara kcgiatan mengajar dcngan kcgiatan bclajar
        pada metodc P.TJ  tclah mcmbuka kemungkinan pcmanf~wtan sarana
        pendiclikan sccara lcbih  luas.  Dcngan tidak dilakukannya kegiatan
        mcngajar dan belajar cia lam waktu yang bersamaan. maka:  ( 1) rasio
        ideal dosen-mahasiswa yang biasanya mcmbatasi daya serup suatu
        program penclidikan dan (2) dinding kelas yang biasanya mcmbatasi
        daya lampung program pendidikan dapat diabaikan.  Kcdua hal  ini
        secara drastis mengubah fen omena pcndidikan yang si fatnya tertulup
        mct\jadi  lcbih tcrbuka dalam arti fisik dan identif'ikasi pendidikan
        dcngan ruang kclas menjadi mcngabur.
             Fenomena sosial ekonomi yang berkcmbang di  masyarakat
        9alam cmpat dekadc terakhir juga tclah menycbabkan pcrgescran
        dalmn pola kebutuhan akan pcndidikan.  Bila pada era masyarakat
        inclustri, sistem ini  hanya merupakanjalan untuk mcmecahkan
        masalah pcmenuhan kebutuhan tcnaga ketja tcrampil, maka pada era
        pasea industriali sasi (post-industial society) ini tclah jauh
        berkcmbang kearah peningkatan kualitas hidup manusia.




        6
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25