Page 15 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 15
PERKEMBANGAN PEMIKIRAN TENTANG
PENDIDIKAN TERBUKA DAN JARAK JAUH
Tian Belawati
Sistem pendidikan tcrbuka dan jarak jauh (PTJJ) mcrupakan
sistcm yang menggabungkan konsep pendidikan tcrbuka dengan
met ode pcndidikan secara jarak jauh. Konsep pcndidikan tcrbuka
(open education atau open learning) pada dasarnya mcrupakan suatu
tujuan atau cita-cita kebijakan mcngcnai sistcm pcndidikan. Konscp
ini mcnekankan pcntingnya keluwcsan sistcm, tcrutama dalam
meniadakan kcndala tempat, waktu, dan aspck yang disebabkan
olch karaktcristik mahasiswa scperti misalnya kcadaan ckonomi
(Bates, 1995). Scdangkan pcnclidikan jarak jauh (PJJ) (distance
education atau distance learning) lebih merupakan suatu metode
yang dapat digunakan untuk mcncapai sistcm pcndidikan yang
terbuka.
Dcngan kata lain, sistem pcndidikan tcrbuka atau open
learning adalah suatu keadaan dimana sctiap individu dapat bela jar
tanpa rcstriksi apapun (Bates, 1995). Keadaan ini mcrupakan
scsuatu yang ideal, yang dalam praktcknya tidak sclalu dapat
clilaksanakan. Salah satu metocle pcndidikan yang scjauh ini
dianggap lebih mampu dari sistcm pendidikan tatap muka
(konvensional) dalam mencapai keadaan ideal itu adalah metode PJJ
atau distance education.
Artikcl ini akan membahas pcrkembangan pcmikiran tcntang
P JJ scbagai altcmatif met ode pcndidikan, perkernbangan ideologi
rnengcnai pcntingnya interaksi dalam PJJ untuk rncnjamin kualitas
pendidikan yang tinggi, serta pengaruh pcrkembangan teknologi
inforrnasi dan komunikasi yang sangat pesat yang rnemungkinkan
tercapainya suatu sistcm pendidikan tanpa rcstriksi dan olch
karenanya menjadi lebih terbuka.