Page 10 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 10

PENDAHULUAN PADA EDISI PERTAMA


         Latar Bclakang


         Datangnya milinium kctiga ditandai dcngan pcrkcmbangan

         teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat.
         Perkembangan tersebut malahirkan suatu paradigma baru dalam
         dunia pendidikan.  Proses pembelajaran yang sclama ini

         diidentikkan dcngan proses dalam ruang tertutup disertai kehadiran
         guru/dosen mulai menemukan modus lain.  Muneulnya berbagai

         media sebagai konsekuensi pesatnya perkembangan teknologi
         informasi dan komunikasi memungkinkan proses pembelajaran
         dilakukan dengan sistem terbuka danjarakjauh.  Sesuai dengan

         namanya, sistem ini membcri kemudahan yang memungkinkan
         teratasinya bcrbagai kendala, tcrutama kendala ruang dan waktu.
         Oleh karcna itu tidak menghcrankan jika sistem pcndidikan tcrbuka

         danjarakjauh (PTJJ) banyak diterapkan di  bcrbagai negara.


         Di Indonesia, sistcm pendidikanjarakjauh telah diterapkan sejak
         tahun 1950an.  Seiring dengan pesatnya perkcmbangan teknologi,
         perkembangan pendidikanjarakjauh di  Indonesia pun semakin

         pesat.  Perkembangan sistem PTJJ ini juga dipaeu oleh
         perkembangan kebutuhan akan pendidikan melalui metode
         eltematif.  Sistcm pendidikan konvensional dirasa tidak lagi mampu

         mengakomodasi kebutuhan pendidikan dan sumberdaya manusia
         terdidik.  Oleh karena itu metode pendidikanjarakjauh yang


         vi
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15