Page 10 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 10
PENDAHULUAN PADA EDISI PERTAMA
Latar Bclakang
Datangnya milinium kctiga ditandai dcngan pcrkcmbangan
teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat.
Perkembangan tersebut malahirkan suatu paradigma baru dalam
dunia pendidikan. Proses pembelajaran yang sclama ini
diidentikkan dcngan proses dalam ruang tertutup disertai kehadiran
guru/dosen mulai menemukan modus lain. Muneulnya berbagai
media sebagai konsekuensi pesatnya perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi memungkinkan proses pembelajaran
dilakukan dengan sistem terbuka danjarakjauh. Sesuai dengan
namanya, sistem ini membcri kemudahan yang memungkinkan
teratasinya bcrbagai kendala, tcrutama kendala ruang dan waktu.
Oleh karcna itu tidak menghcrankan jika sistem pcndidikan tcrbuka
danjarakjauh (PTJJ) banyak diterapkan di bcrbagai negara.
Di Indonesia, sistcm pendidikanjarakjauh telah diterapkan sejak
tahun 1950an. Seiring dengan pesatnya perkcmbangan teknologi,
perkembangan pendidikanjarakjauh di Indonesia pun semakin
pesat. Perkembangan sistem PTJJ ini juga dipaeu oleh
perkembangan kebutuhan akan pendidikan melalui metode
eltematif. Sistcm pendidikan konvensional dirasa tidak lagi mampu
mengakomodasi kebutuhan pendidikan dan sumberdaya manusia
terdidik. Oleh karena itu metode pendidikanjarakjauh yang
vi