Page 7 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 7
KATA PENGANTAR
Pada tahun 1999, di lustrumnya yang kc 3, Universitas Tcrbuka
(UT) mcncrbitkan buku "Pendidikan Tcrbuka dan Jarak Jauh".
Artikel dalam buku tcrscbut bcrisi pokok pikiran, potcnsi,
pcrsoalan, dan pencrapan sistem pendidikan tcrbuka dan j arak j au h.
Tcrmasuk pengalaman UT dalam mencrapkan sistem pcndidikan
tcrbuka dan jarakjauh. Pada waktu itu, belum ban yak tulisan
tentang sistcm pcndidikanjarakjauh di Indonesia sehingga buku
terscbut kemudian mcnjadi salah satu buku yang banyak dirujuk.
Dalam 10 tahun terakhir, terjadi pcrkembangan tcknologi informasi
dan komunikasi yang mcmpengaruhi praktek pendidikan tcrbuka
danjarakjauh. Di samping itu, UT juga mcngalami pcrubahan
yang dilakukan untuk meningkatkan layanan pendidikan yang
diberikan. Situasi ini mcndorong UT untuk mencrbitkan buku yang
dapat dimanfaatkan untuk mcnycbar-luaskan pcmikiran mutakhir
tcntang pendidikan terbuka dan j arak j auh scrta pemanfaatan
tcknologi informasi dan komunikasi di pendidikan terbuka dan jarak
jauh.
Serangkaian buku telah ditcrbitkan. Buku "Pcndidikan Tinggi Jarak
Jauh" (2004) berisi artikel yang mengupas pendidikan jarakjauh di
tingkat pendidikan tinggi. Di tahun yang sama, UT mencrbitkan
buku "Pendidikan Jarak Jauh: Teori dan Praktek" yang mengupas
wacana dan praktek pcndidikanjarakjauh di seluruh dunia.
iii