Page 11 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 11

mampu mereduksi kendala yang bersifat geografis (seperti jarak),

        demografi (seperti usia), dan ekonomi (seperti biaya) menjadi
        pilihan yang tak tcrelakkan.


        Salah satu tolok ukur  pcrkcmbangan sistcm PTJJ  di  Indonesia
        adalah didirikannya suatu pcrguruan tinggi yang sceara khusus

        diraneang untuk mcnggunakan sistcm bela  jar jarak jauh, yaitu
        Universitas Terbuka (UT) pada tahun 1984.  Pendirian ini jelas
        merupakan suatu tonggak scjarah perkcmbangan paradigma

        pendidikan di Indonesia karcna hal ini mcnunjukkan kepereayaan
        Bangsa Indonesia pada sistcm bclajar yang nonkonvcnsional.


        Saat ini, UT tclah berusia 15  tahun dan tclah berkembang mcnjadi

        suatu uni"ersitas mega dengan jumlah mahasiswa lebih dari
        400.000 orang.  Perkcmbangan UT dan kontribusi yang telah
        diberikan olch UT terhadap upaya pcningkatan kualitas sumbcrdaya

        manusia Indonesia tidak dapat dipungkiri.  Sciring dengan
        pcrkcmbangan UT, pemahaman dan pengadopsian sistcm bclajar
        jarak jauh olch masyarakat pun menjadi semakin mcningkat.  Hal

        ini ditunjukkan dcngan scmakin banyaknya institusi pendidikan
        yang menawarkan program pcndidikannya melalui sistem bclajar
        jarakjauh.  Demikian pula, animo dan kepcreayaan masyarakat

        pada sistem belajar ini terlihat dari semakin banyaknya orang yang
        mendaft:ar pada program-program pendidikan yang mcnggunakan

         sistem belajar jarakjauh.



                                                                   vii
   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16