Page 11 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 11
mampu mereduksi kendala yang bersifat geografis (seperti jarak),
demografi (seperti usia), dan ekonomi (seperti biaya) menjadi
pilihan yang tak tcrelakkan.
Salah satu tolok ukur pcrkcmbangan sistcm PTJJ di Indonesia
adalah didirikannya suatu pcrguruan tinggi yang sceara khusus
diraneang untuk mcnggunakan sistcm bela jar jarak jauh, yaitu
Universitas Terbuka (UT) pada tahun 1984. Pendirian ini jelas
merupakan suatu tonggak scjarah perkcmbangan paradigma
pendidikan di Indonesia karcna hal ini mcnunjukkan kepereayaan
Bangsa Indonesia pada sistcm bclajar yang nonkonvcnsional.
Saat ini, UT tclah berusia 15 tahun dan tclah berkembang mcnjadi
suatu uni"ersitas mega dengan jumlah mahasiswa lebih dari
400.000 orang. Perkcmbangan UT dan kontribusi yang telah
diberikan olch UT terhadap upaya pcningkatan kualitas sumbcrdaya
manusia Indonesia tidak dapat dipungkiri. Sciring dengan
pcrkcmbangan UT, pemahaman dan pengadopsian sistcm bclajar
jarak jauh olch masyarakat pun menjadi semakin mcningkat. Hal
ini ditunjukkan dcngan scmakin banyaknya institusi pendidikan
yang menawarkan program pcndidikannya melalui sistem bclajar
jarakjauh. Demikian pula, animo dan kepcreayaan masyarakat
pada sistem belajar ini terlihat dari semakin banyaknya orang yang
mendaft:ar pada program-program pendidikan yang mcnggunakan
sistem belajar jarakjauh.
vii