Page 16 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 16

PARADIGMA AKSES VS.  KUALITAS

             Pada awalnya, pemikiran mengenai sistem PJ.J  didominasi
       oleh pengertian sebagai suatu bcntuk pendidikan yang didasarkan
       pada pcnggunaan bahan ajar standar yang diproduksi  scc~1ra masal
       untuk mencapai keuntungan ckonomis (economies oj'scale).
       J>cmikiran  ini  mencerminkan paradigma yang menckankan pacla  isu
       akscsibilitas sebagai fokus penyelcnggaraan pendidikan.  Keinginan
       untuk meningkatkan akses terhadap pemlidikan telah menjadi
       pemieu utama di  banyak negara untuk menyclenggarakan PJJ
       (Cianison,  1993).  Pan1digma ini paralcl dengan  fllosofi  mengenai
       otonomi dan kemandirian mahasiswa yang banyak dipelajari olch
       Moore (1 993).  Selama bahan ajar telah dikembangkan, maka
       mahasiswa mempunyai otonomi dan kemandirian utuh untuk
       mclakukan kegiatan belajarnya.  Berdasarkan !Cnomena
       pcnyclenggaraan PJJ  dengan  paradigma <tkses  ini, J>JJ  dianggap
       sebagai suatu bcntuk industrialisasi pada bidang penc!idikan  (Peters,
       11\(J7  dalam Keegan,  1993).
             Mcnurut Peters (I S67, dalam Keegan,  1993), J>J.lmerupakan
       produk masyarakat era industri dan sebagai suatu sistem,  P.JJ
       mempunyai banyak persamaan dengan suatu proses produksi
       industri (pabrik).  Keduanya mempunyai kesamaan karaktcristik
       dalam hal  adanya pembagian tugas yangjelas antara peke1~ia
       (di1·ision  o(lahour), mekanisasi, produksi massa, standardisasi
       output, dan sentralisasi sistem. Karena kesesuaian sistcm PJJ  clcngan
       situasi masyarakat industri inilah maka sistcm ini dapat diterima
       olch masyarakat dan berhasil digunakan untuk meningkatkan jumlah
       sumber daya manusia terclidik. Olch karcna itu, menurut Peters,
       sciring dengan perubahan tatanan masyarakat dari era industrialisasi
       ke era pasca industrialisasi (post-industrial society), maka sistem P.I.J
       pun harus mengalami perubahan (Peters,  1993 dalam Keegan,  1993).
       Pada era inc!ustri,  proses P.l.l  dilakukan clengan memproduksi bahan
       ajar eetak yang  bersif"at masal setia dilakukan melalui surat
       mcnyurat (correspondence S/ll((v). Tctapi sciring dengan
       perkembangan dan penemuan tcknologi  inf"ormasi  dan komunikasi,
       sistem PJJ  dapat dirancang menjadi lcbih indiviclualistik



       2
   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21