Page 16 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 16
PARADIGMA AKSES VS. KUALITAS
Pada awalnya, pemikiran mengenai sistem PJ.J didominasi
oleh pengertian sebagai suatu bcntuk pendidikan yang didasarkan
pada pcnggunaan bahan ajar standar yang diproduksi scc~1ra masal
untuk mencapai keuntungan ckonomis (economies oj'scale).
J>cmikiran ini mencerminkan paradigma yang menckankan pacla isu
akscsibilitas sebagai fokus penyelcnggaraan pendidikan. Keinginan
untuk meningkatkan akses terhadap pemlidikan telah menjadi
pemieu utama di banyak negara untuk menyclenggarakan PJJ
(Cianison, 1993). Pan1digma ini paralcl dengan fllosofi mengenai
otonomi dan kemandirian mahasiswa yang banyak dipelajari olch
Moore (1 993). Selama bahan ajar telah dikembangkan, maka
mahasiswa mempunyai otonomi dan kemandirian utuh untuk
mclakukan kegiatan belajarnya. Berdasarkan !Cnomena
pcnyclenggaraan PJJ dengan paradigma <tkses ini, J>JJ dianggap
sebagai suatu bcntuk industrialisasi pada bidang penc!idikan (Peters,
11\(J7 dalam Keegan, 1993).
Mcnurut Peters (I S67, dalam Keegan, 1993), J>J.lmerupakan
produk masyarakat era industri dan sebagai suatu sistem, P.JJ
mempunyai banyak persamaan dengan suatu proses produksi
industri (pabrik). Keduanya mempunyai kesamaan karaktcristik
dalam hal adanya pembagian tugas yangjelas antara peke1~ia
(di1·ision o(lahour), mekanisasi, produksi massa, standardisasi
output, dan sentralisasi sistem. Karena kesesuaian sistcm PJJ clcngan
situasi masyarakat industri inilah maka sistcm ini dapat diterima
olch masyarakat dan berhasil digunakan untuk meningkatkan jumlah
sumber daya manusia terclidik. Olch karcna itu, menurut Peters,
sciring dengan perubahan tatanan masyarakat dari era industrialisasi
ke era pasca industrialisasi (post-industrial society), maka sistem P.I.J
pun harus mengalami perubahan (Peters, 1993 dalam Keegan, 1993).
Pada era inc!ustri, proses P.l.l dilakukan clengan memproduksi bahan
ajar eetak yang bersif"at masal setia dilakukan melalui surat
mcnyurat (correspondence S/ll((v). Tctapi sciring dengan
perkembangan dan penemuan tcknologi inf"ormasi dan komunikasi,
sistem PJJ dapat dirancang menjadi lcbih indiviclualistik
2