Page 24 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 24

Karaktcristik Td.nolo~i
          ~vlndd Pcndidikan Jarak Jauh dalam   Flcksihilitas   lntcraktivitas
          Kaitannya dengan Tcknologi yzmg                    dalam
                  Di!'unakan         Waktu   ·1  cmpat  Kccepatan   Pcnyarnpaian
                                                             Matcri
        •  S iaran  I V.  Radio dan  Konkrcnsi   Tidak   Tidak   Tidak   Ya
         .·\udin Jarak Jauh
        (Jcncr;t.,i ·I- Model  l'cmbclajaran 1-'ld.sibd
        •  ;\lultimcdia interaktif   Ya    Ya    Ya       Ya
                                     Ya    Ya    Ya       Ya
        •  llcrbasis.  Internet dan sumber bclajar
         pad a !he rmrld 11·ide  11  c/1  ( WWW)
                                     Ya    Ya    Ya       Ya
        •  Kumunikasi mdalui komputcr
         ( ('olllfJUfl'r mediated cmnnntllfi·fltion)
        Gcncr;"i 5- Modcll'cmhclajaran Flcksibcl
        Ccrdas
                                     Ya    Ya    Ya       Ya
        •  :Vlultimcdia interaktif
                                     Ya    Ya    Ya       Ya
        •  Berhasis lntcmct dan sumher hclajar
         pad a !he  11·urld ll'ide  rrc/>  ( WWW)
                                     Ya    y.,   Ya       Ya
        •  Komunikasi  mclalui  kon1putcr
         ( ( 'u111p111er  ll[('diated c·om!JIIfii!CU!ion)
         \·i;t  :-.i~klll n:spon otomatis (autnnwrtd
         re.\'fJO/IS(' s.vs/('JJI)
        * Tabcl ditc~jcmahkan dan diadaptasi dari Taylor (2000)


             Sepcrti terlihat dalam Tahel 1,  gencrasi pe1iama adalah
        gcnerasi pendidikan korespondcnsi yang mcrupakan sistcm
        pendidikan belajar mandiri olch mahasiswa dcngan media utama
        bahan ajar eetak, khususnya Panduan Bclajar clan tugas-tugas yang
        dikirimkan oleh instruktur melalui pos.  Olch karcna itu, program-
        program pcndidikan pada gcnerasi ini biasa disebut scbagai
        corre.1pondence stw(v.  Gencrasi kedua mcrupakan generasi  PTJJ
        yang dieirikan dengan pemanfaatan tcknolgi audio clan  video, serta
        teknologi yang lebih interaktifscperti computer-based learning dan
        video interaktif.  Pada generasi inilah lahir Universitas Terbuka
        (Open  University)  di  lnggris pada tahun  1969.  The United Kingdom
        Open University (UKOU) yang juga merupakan model universitas
        terbuka pe1iama eli  dunia melahirkan gcnerasi kctiga yang dicirikan
        clengan cligunakannya teknologi siaran dan rekaman (terutama
        dengan media pcnyebaran mclalui telcvisi, radio, dan kasct



        10
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29