Page 23 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 23
terbuka ini juga harus memungkinkan mahasiswa mcnabung
kredit matakuliahnya schingga jika mau suatu waktu dapat
diakumulasikan untuk suatu program utuh.
Dengan kata lain, perancangan sistcm pcnyclcnggaraan yang
memperhatikan ketiga butir di atas akan mcningkatkan kcterbukaan
program PJJ yang ditawarkan. Pcrancangan sistcm yang terbuka
seperti contoh di atas telah banyak dilakukan oleh institusi-institusi
PJJ di luar negcri, terutama oleh institusi yang mcnawarkan
progranmya mclalui jaringan internet (web-based courses). Semakin
meningkatnya trend penawaran program PJJ mclalui internet ini
mcnunjukkan bahwa pennintaan masyarakat (yang menccnninkan
kcbutuhan masyarakat) akan pcndidikan sangatlah tinggi.
Dalam scjarah penggunaan teknologi untuk kcpentingan
pcndidikan, PJJ selalu yang terdepan dan saat ini tclah memasuki
generasi kelima, yaitu gencrasi yang mcngeksploitasi kemampuan
tcknologi internet dan jaringan (Taylor, 2000). Taylor (2000)
mcnggambarkan kronologis pcmanfaatan teknologi dalam dunia
PTJJ secara sistematik. Tabcl 1 menunjukkan matriks karakteristik
tcknologi yang digunakan dengan generasi PTJJ.
Tabel 1 Matriks Karaktcristik Teknologi dalam Generasi PTJJ*
Karaktcristik Tcknolooi
Model Pendidikan Jarak Jauh dalam Fleksibilitas lntcraktivitas
Kailannya dcngan Tcknologi yang dalam
Digunakan Waktu Tcmpat Keccpatan Penyampaian
Matc1i
Gcncrasi I - Model Korespondensi
• Cctak Ya Ya Ya Tidak
Gcncrasi 2- Model Multi Media
• Cetak Ya Ya Ya Tidak
• Kasel Audio Ya Ya Ya Tidak
• Kasel Video Ya Ya Ya Tidak
• Computer-based learning (cg Ya Ya Ya Ya
CMLICAL) Ya Ya Ya Ya
• Video lnteraktif(disk dan kaset)
Gencrasi 3 - Model TC'!cleaming
• Konferensi Audio Jarak Jauh Tidak Tidak Tidak Ya
• Konferensi Video Jarak Jauh Tidak Tidak Tidak Ya
• Audio Gratis Tidak Tidak Tidak Ya
9