Page 26 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 26

1
       (Brigham, 1999) •  Teknologi tinggi lainnya pada umumnya
       digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan komunikasi dan
       pemberian pelayanan bantuan belajar kepada mahasiswa, schingga
       proses bclajar mengajar menjadi lebih interaktif.
             Pcrpaduan antara perancangan sistem dan pemanfaatan
       tcknologi tinggi tidak dapat dipungkiri telah mampu meningkatkan
       keterbukaan sistem pendidikan.  Namun dcmikian, perpaduan ini
       tetap belum dapat sepenuhnya menghilangkan isu tarik menarik
        antara aspek akses dan aspek kualitas yang melandasi dua paradigma
       P J J.  Tarik menarik antara dua  aspek ini pad a akhirnya bermuara
       pada pemilihan media atau teknologi yang dapat menjembatani
        kcduanya.  Karena, walaupun saat ini terdapat banyak teknologi
       canggih yang mampu memfasilitasi interaksi, namun di banyak
        negara seperti Indonesia, akses masyarakat luas tcrhadap teknologi
       tingkat tinggi terscbut masih terbatas.
             Setiap teknologi/media mempunyai kemampuan yang bcrbeda
        dalam hal mengakomodasi kcpentingan akscs dan interaksi ini. Buku
        tcks dan telcvisi misalnya, memiliki daya jangkau yang luas namun
        kurang mampu mcmfasilitasi interaksi 'dosen' dan mahasiswa.
        Scbaliknya, audio/video/  computer conferencing mcmiliki
        kemampuan tinggi untuk memfasilitas komunikasi dua arah untuk
        'do sen' dan mahasiswa, tetapi day a jangkaunya relatif terbatas
        mcngingat peralatan yang diperlukannya (Bates,  1995).  Oleh karena
        itu, salah satu kegiatan penting dalam percncanaan PJJ adalah
        pengambilan kcputusan dalam hal pemanfaatan j enis
        tcknologi/media, yaitu mencari media yang dapat meningkatkan
        i.ntensitas scrta kualitas interaksi tetapi tidak terlalu mcngorbankan
        kcpcntingan untuk meningkatkan daya jangkau program pendidikan.






        1
          Survey mcnunjukkan bahwa 66% dari 9472 courses yang ditawarkan
        sccara jarak jauh di  Amcrika Serikat masih mcnggunakan bahan ajar utama
        dalam bentuk tercetak (printed materials).




        12
   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31