Page 26 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 26
1
(Brigham, 1999) • Teknologi tinggi lainnya pada umumnya
digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan komunikasi dan
pemberian pelayanan bantuan belajar kepada mahasiswa, schingga
proses bclajar mengajar menjadi lebih interaktif.
Pcrpaduan antara perancangan sistem dan pemanfaatan
tcknologi tinggi tidak dapat dipungkiri telah mampu meningkatkan
keterbukaan sistem pendidikan. Namun dcmikian, perpaduan ini
tetap belum dapat sepenuhnya menghilangkan isu tarik menarik
antara aspek akses dan aspek kualitas yang melandasi dua paradigma
P J J. Tarik menarik antara dua aspek ini pad a akhirnya bermuara
pada pemilihan media atau teknologi yang dapat menjembatani
kcduanya. Karena, walaupun saat ini terdapat banyak teknologi
canggih yang mampu memfasilitasi interaksi, namun di banyak
negara seperti Indonesia, akses masyarakat luas tcrhadap teknologi
tingkat tinggi terscbut masih terbatas.
Setiap teknologi/media mempunyai kemampuan yang bcrbeda
dalam hal mengakomodasi kcpentingan akscs dan interaksi ini. Buku
tcks dan telcvisi misalnya, memiliki daya jangkau yang luas namun
kurang mampu mcmfasilitasi interaksi 'dosen' dan mahasiswa.
Scbaliknya, audio/video/ computer conferencing mcmiliki
kemampuan tinggi untuk memfasilitas komunikasi dua arah untuk
'do sen' dan mahasiswa, tetapi day a jangkaunya relatif terbatas
mcngingat peralatan yang diperlukannya (Bates, 1995). Oleh karena
itu, salah satu kegiatan penting dalam percncanaan PJJ adalah
pengambilan kcputusan dalam hal pemanfaatan j enis
tcknologi/media, yaitu mencari media yang dapat meningkatkan
i.ntensitas scrta kualitas interaksi tetapi tidak terlalu mcngorbankan
kcpcntingan untuk meningkatkan daya jangkau program pendidikan.
1
Survey mcnunjukkan bahwa 66% dari 9472 courses yang ditawarkan
sccara jarak jauh di Amcrika Serikat masih mcnggunakan bahan ajar utama
dalam bentuk tercetak (printed materials).
12