Page 30 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 30
MODEL KELEMBAGAAN PENDIDIKAN JARAK JAUH:
PERKEMBANGAN HISTORIS DAN
KECENDERUNGAN KE DEPAN
Aminudin Zuhairi
Sunu Dwi Antor
Lidwina Sri Ardiasih
Pendidikanjarakjauh (P.T.T) merupakan bidang kajian
kcpendidikan yang berkembang pesat dan pcrwujudannya beragam
dalam beberapa model. Model-model P.T.T berkembang karcna
beragam faktor yang tcrkait dcngan scjarah, filosofi, politik dan
~cbijakan pemerintah, geografi dan dcmograti, ckonomi, serta
landasan teknologi (Zuhairi, 1998). Sekalipun seeara rinci ada
banyak ragam model, dalam garis bcsar PJJ dapat dikelompokkan
mcnjadi tiga model, yaitu single mode, dual mode, dan konsorsium
(Perry & Rumble, 1987; Holmberg, 1995; Curran, 1992). Istilah
single mode dan dual mode boleh dilndoncsiakan menjadi 'model
modus tunggal' dan 'model modus ganda', namun dalam tulisan ini
istilah asli dalam bahasa Inggris tctap diperf,runakan untuk
memudahkan konsepsi dan asosiasi kita. Artikel ini membahas
ketiga model tcrscbut dan melihat tantangan, peluang scrta
prospeknya sekarang dan di masa depan.
MODEL SINGLE MODE
Model single mode dipelopori olch kisah sukses The United
Kingdom Open University (UKOU), yang mulai bcropcrasi pada
tahun 1971. Model ini kemudian dianut banyak ncgara, tem1asuk
negara berkcmbang dengan jumlah penduduk bcsar seperti Indonesia
yang mcndirikan Universitas Terbuka (UT) pada tahun 1984. Model
single mode memadukan pcmanfaatan bahan cetak dan media siaran
dalam pembclaj aran jarak jauh. Model ini dikcmbangkan at as dasar
pcmikiran bahwa pendekatan universitas konvensional dalam
menerapkan PJJ tidak memadai. Kebutuhan dan syarat yang
16