Page 59 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 59

nasional,  atau  wilayah  tertentu  agar  distribusi  bahan  ajar  lebih  efisien,
            dan tercapai konsistensi dalam pemberian kredit. Lembaga berskala kecil
            mendapati bahwa mengembangkan program PTJJ sangat mahal, dan bah-
            kan lebih mahallagi untuk memproduksi dan mendistribusikan program.
               Konsorsium  dapat pula  terbentuk bilamana  ada  kerjasama  beberapa
            lembaga pendidikan, penerbitan, dan siaran yang setuju untuk bergabung
            dan  menawarkan  program pendidikan jarak jauh.  Konsorsium  merupa-
            kan  gagasan  yang  sangat  bagus,  sayangnya  seringkali  sulit  diterapkan.
            Birokrasi lembaga dan ragam  iklim organisasi sering menjadi hambatan
            kerjasama. Selain itu perbedaan filosofi pendidikan, hambatan teknis, ser-
            ta  tekanan  keuangan  menjadikan  kerjasama  sulit  terwujud.  Beberapa
            lembaga  pendidikan  seperti  universitas  dapat  saja  bekerja  sama  mem-
            bentuk konsorsium sebagaimana dilakukan di lrlandia, Perancis dan lta-
            lia (Curran,  1992).  Kekuatan  suatu  konsorsium terletak pada komitmen
            untuk melaksanakan pekerjaan tertentu  bagi  lembaga anggota yang  me-
            miliki  kesulitan dalam melaksanakan tugas secara mandiri.
               Sekalipun  terdapat  indikasi  yang jelas tercapainya  peningkatan efisi-
            ensi dan keuntungan ekonomi, pada mulanya tidak begitu banyak konsor-
            sium dapat terbentuk. Namun saat ini ada kecenderungan bahwa bentuk
            ini merupakan suatu alternatif rasional. Beberapa contoh konsorsium ada-
            lab Open Learning Agency (OLA) di British Columbia, Canada, yang me-
            libatkan sejumlah lembaga untuk menawarkan program PTJJ di  kawasan
            propinsi tersebut. Contoh lain adalah Open Learning Agency of Australia
            yang bekerja sama dengan sejumlah lembaga perguruan tinggi di seluruh
            Australia dan  menawarkan  program PTJJ  di  negara  tersebut.  Badan  ini
            berperan pula dalam mempermudah proses alih kredit.
              Perkembangan berikutnya dalam  model  PTJJ  ini  adalah terbentuknya
            network,  yaitu suatu jaringan kerjasama yang  berperan mengkoordinasi-
            kan dan melengkapi program PTJJ lembaga lain (Holmberg, 1995). Jaring-

                                           52
   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64