Page 59 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 59
nasional, atau wilayah tertentu agar distribusi bahan ajar lebih efisien,
dan tercapai konsistensi dalam pemberian kredit. Lembaga berskala kecil
mendapati bahwa mengembangkan program PTJJ sangat mahal, dan bah-
kan lebih mahallagi untuk memproduksi dan mendistribusikan program.
Konsorsium dapat pula terbentuk bilamana ada kerjasama beberapa
lembaga pendidikan, penerbitan, dan siaran yang setuju untuk bergabung
dan menawarkan program pendidikan jarak jauh. Konsorsium merupa-
kan gagasan yang sangat bagus, sayangnya seringkali sulit diterapkan.
Birokrasi lembaga dan ragam iklim organisasi sering menjadi hambatan
kerjasama. Selain itu perbedaan filosofi pendidikan, hambatan teknis, ser-
ta tekanan keuangan menjadikan kerjasama sulit terwujud. Beberapa
lembaga pendidikan seperti universitas dapat saja bekerja sama mem-
bentuk konsorsium sebagaimana dilakukan di lrlandia, Perancis dan lta-
lia (Curran, 1992). Kekuatan suatu konsorsium terletak pada komitmen
untuk melaksanakan pekerjaan tertentu bagi lembaga anggota yang me-
miliki kesulitan dalam melaksanakan tugas secara mandiri.
Sekalipun terdapat indikasi yang jelas tercapainya peningkatan efisi-
ensi dan keuntungan ekonomi, pada mulanya tidak begitu banyak konsor-
sium dapat terbentuk. Namun saat ini ada kecenderungan bahwa bentuk
ini merupakan suatu alternatif rasional. Beberapa contoh konsorsium ada-
lab Open Learning Agency (OLA) di British Columbia, Canada, yang me-
libatkan sejumlah lembaga untuk menawarkan program PTJJ di kawasan
propinsi tersebut. Contoh lain adalah Open Learning Agency of Australia
yang bekerja sama dengan sejumlah lembaga perguruan tinggi di seluruh
Australia dan menawarkan program PTJJ di negara tersebut. Badan ini
berperan pula dalam mempermudah proses alih kredit.
Perkembangan berikutnya dalam model PTJJ ini adalah terbentuknya
network, yaitu suatu jaringan kerjasama yang berperan mengkoordinasi-
kan dan melengkapi program PTJJ lembaga lain (Holmberg, 1995). Jaring-
52