Page 57 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 57
merupakan mahasiswa 'kelas dua', sebagaimana banyak orang beranggap-
an bahwa PTJJ adalah upaya menyediakan pendidikan 'peluang kedua'.
Sebelum diperkenalkannya sistem universitas terbuka, cara yang dapat
diterima untuk memberikan kesempatan kepada orang dewasa yang sudah
bekerja untuk belajar di perguruan tinggi adalah melalui program jarak
jauh yang di\el~nggarakan oleh lembaga konvensional.
Model ini m~(lliliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki model sin-
gle mode. Model dual mode memiliki landasan dan keterpautan yang kuat
karena staf akademik bertanggung jawab penuh dalam proses bela jar dan
pembelajaran, penulisan bahan ajar, menggunakan kombinasi bahan be-
lajar mandiri dan pertemuan tatap muka dan evaluasi siswa. Penyampaian
bahan, sistem pembelajaran dan layanan yang diberikan berbeda sesuai
dengan syarat khusus yang dikehendaki masing-masing sistem pembela-
jaran atau kelompok siswa. Model ini memungkinkan terjaganya kesama-
an penghargaan dan gelar terhadap siswa tatap muka dan jarak jauh. Da-
lam model ini ada integrasi pembelajaran tatap muka dan jarak jauh
sehingga menjamin standar pendidikan, legitimasi dan kredibilitas. Sistem
dual mode memungkinkan penawaran program atau matapelajaran yang
bervariasi dan memungkinkan staf akademik untuk bekerja dalam
ligkungan yang berorientasi pada penelitian, disamping pendidikan dan
pengabdian pada masyarakat. Model ini memberikan penekanan pada
interaksi dan komunikasi, baik secara tatap muka maupun melalui media.
Beberapa kritikan dilontarkan terhadap model dual mode. Keterbatas-
an waktu untuk pengembangan bahan ajar menjadi masalah utama, kare-
na staf akademik bertanggung jawab mengajar tatap muka pula. Banyak
diantara staf tidak melewati pendidikan dan pelatihan formal dalam bi-
dang pengembangan bahan ajar jarak jauh. Ada keterbatasan pemanfa-
atan sumber daya untuk perbaikan kualitas bahan ajar dan pengembangan
dalam skala besar variasi media dan teknologi untuk siswa jarak jauh,
50