Page 52 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 52

MODEL-MODEL  PENDIDIKAN TERBUKA
                             DAN JARAK JAUH





                                Aminudin Zuhairi






          Pendidikan  terbuka  dan jarak jauh  (PTJJ)  merupakan bidang  kajian
       kependidikan yang berkembang pesat dan perwujudannya beragam dalam
       beberapa model. Model-model PTJJ berkembang karena faktor-faktor yang
       terkait  dengan  sejarah,  filosofi,  politik dan  kebijakan pemerintah,  geo-
       grafi dan demografi, ekonomi, serta landasan teknologi (Zuhairi,  1998).
       Sekalipun secara rinci ada banyak ragam model, dalam garis besar PTJJ
       dapat dikelompokkan menjadi tiga model, yaitu single mode, dual mode,

       dan konsorsium (Perry dan Rumble, 1987; Holmberg, 1995; Curran, 1992).
       lstilah single mode dan dual mode boleh di-lndonesiakan menjadi 'model

       modus tunggal' dan 'model modus ganda' , namun dalam tulisan ini istilah
       asli  dalam  bahasa  lnggris  tetap  dipergunakan  untuk  memudahkan  kon-
       sepsi dan asosiasi kita.  Artikel  ini membahas ketiga model tersebut dan

       melihat tantangan, peluang serta prospeknya sekarang dan di masa depan.

       Model single mode
          Model single mode dipelopori oleh kisah sukses The  United Kingdom
       Open University (UKOU), yang mulai beroperasi pada tahun 1971. Model
       ini kemudian dianut banyak negara, termasuk negara berkembang dengan
       jumlah penduduk besar  seperti  Indonesia  yang  mendirikan  Universitas
       Terbuka (UT) pada tahun 1984. Model single mode memadukan peman-
       faatan bahan cetak dan media siaran dalam pembelajaran jarak jauh. Model

                                      45
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57