Page 52 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 52
MODEL-MODEL PENDIDIKAN TERBUKA
DAN JARAK JAUH
Aminudin Zuhairi
Pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) merupakan bidang kajian
kependidikan yang berkembang pesat dan perwujudannya beragam dalam
beberapa model. Model-model PTJJ berkembang karena faktor-faktor yang
terkait dengan sejarah, filosofi, politik dan kebijakan pemerintah, geo-
grafi dan demografi, ekonomi, serta landasan teknologi (Zuhairi, 1998).
Sekalipun secara rinci ada banyak ragam model, dalam garis besar PTJJ
dapat dikelompokkan menjadi tiga model, yaitu single mode, dual mode,
dan konsorsium (Perry dan Rumble, 1987; Holmberg, 1995; Curran, 1992).
lstilah single mode dan dual mode boleh di-lndonesiakan menjadi 'model
modus tunggal' dan 'model modus ganda' , namun dalam tulisan ini istilah
asli dalam bahasa lnggris tetap dipergunakan untuk memudahkan kon-
sepsi dan asosiasi kita. Artikel ini membahas ketiga model tersebut dan
melihat tantangan, peluang serta prospeknya sekarang dan di masa depan.
Model single mode
Model single mode dipelopori oleh kisah sukses The United Kingdom
Open University (UKOU), yang mulai beroperasi pada tahun 1971. Model
ini kemudian dianut banyak negara, termasuk negara berkembang dengan
jumlah penduduk besar seperti Indonesia yang mendirikan Universitas
Terbuka (UT) pada tahun 1984. Model single mode memadukan peman-
faatan bahan cetak dan media siaran dalam pembelajaran jarak jauh. Model
45