Page 48 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 48

si,  di  banyak  negara  seperti  Indonesia,  akses  masyarakat  luas  terhadap
        teknologi canggih tersebut masih terbatas.
           Setiap teknologi/media mempunyai  kemampuan yang  berbeda dalam
        hal  mengakomodasikan kepentingan  akses  dan  interaksi  ini.  Buku teks
        dan  televisi  misalnya,  memiliki  daya jangkau yang  luas  namun  kurang
        mampu mem-fasilitasi interaksi 'dosen' dan mahasiswa. Sebaliknya, audio/
        video/computer conferencing  memiliki  kemampuan  tinggi  untuk  mem-
        fasilitasi  komunikasi dua arab untuk 'dosen' dan mahasiswa,  tetapi daya
        jangkaunya  relatif terbatas  mengingat  peralatan yang  diperlukannya  (B-
        ates,  1995). Oleh karena itu, salah satu kegiatan penting dalam perenca-
        naan  pendidikan jarak jauh  adalah  pengambilan  keputusan  dalam  ~al
        pemanfaatan jenis  teknologi/media,  yaitu  mencari  media  yang  dapat
        meningkatkan intensitas serta kualitas  interaksi tetapi  tidak mengorban-
        kan kepentingan peningkatan daya jangkau program pendidikan.


        Penutup
           Pendidikan terbuka  dan jarak jauh sebagai suatu  konsep  merupakan
        basil perkembangan konsep dan praktek pendidikan jarak jauh yang bera-
        kar pada correspondence study  di awal  era masyarakat industri.  Sistem
        pendidikan jarak jauh, baik yang dilandasi paradigma akses maupun kua-
        litas (interaksi),  mengalami perkembangan seiring dengan perkembang-
        an masyarakat pada era pasca-industri.  Pada era ini, kebutuhan masyara-
        kat  pendidikan  lebih  berorientasi  pada self-realization  dan pemenuhan
        kebutuhan  personal.  Di  samping  itu,  pesatnya  perkembangan teknologi
        juga  meningkatkan  kebutuhan  akan  pendidikan  profesional  yang  ber-
        kelanjutan.  Perubahan  orientasi  pendidikan pada  pendidikan  yang  ber-
        kelanjutan  ini  melahirkan  konsep  pendidikan  yang  lebih  terbuka  yang
        mengakomodasikan  proses  belajar  sepanjang  hayat  dan  bagi  semua.
        Teknologi  informasi dan komunikasi  yang  kian  berkembang  merupakan

                                       41
   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53