Page 47 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 47

Generasi kedua,  yang dimulai dengan dibukanya  Universitas Terbuka
           (Open University) di lnggris pada tahun 1970, dicirikan dengan pengguna-
           an  teknologi  siaran  dan  rekaman  (terutama  dengan  media  penyebaran
           melalui televisi, radio, dan kaset audio/video), komputer seperti computer-
           mediated learning  dan  computer-assisted learning  (Taylor,  1999),  serta
           telekonferensi  (audio/video  teleconferencing).  Sementara  itu,  generasi
           ketiga yang dimulai sejak awal tahun 1990-an, dicirikan dengan penguna-
           an jaringan Internet dan Intranet yang  sangat ekstensif,  terutama _untuk
           kepentingan  interaksi  melalui  apa  yang  disebut  computer-mediated
           communication (Taylor,  1999). Walaupun demikian, penggunaan teknolo-
           gi  canggih  yang  semakin  meningkat  tidak  begitu  saja  meninggalkan
           penggunaan  bahan  ajar  cetak  (printed  materials).  Hal  ini  terbukti  dari
           penggunaan  bahan  ajar  cetak  yang  masih  tetap  mendominasi  metode
           penyampaian materi ajar utama di banyak institusi pendidikan jarak jauh
           (Brigham, 1999)' . Teknologi tinggi lain pada umumnya digunakan sebagai
           alat bantu untuk melakukan komunikasi dan pemberian pelayanan bantuan
           belajar  kepada  mahasiswa,  sehingga  proses  belajar  mengajar  menjadi
           lebih  interaktif.

              Perpaduan antara perancangan sistem dan pemanfaatan teknologi ting-
           gi  telah  mampu  meningkatkan  keterbukaan sistem pendidikan.  Namun
           demikian, perpadr an ini tetap belum dapat sepenuhnya menghilangkan isu
           akses  dan  isu  kualitas  dalam  paradigma  pendidikan jarak jauh.  Tarik
           menarik antara dua  aspek  ini  pada akhirnya  bermuara pada pemilihan
           media atau teknologi yang dapat menjembatani keduanya. Walaupun saat
           ini terdapat banyak teknologi canggih yang mampu mem-fasilitasi interak-


              Survey menunjukkan bahwa 66% dari 9472 courses yang ditawarkan secarajarakjauh
              di Amerika Serikat masih menggunakan bahan ajar utama dalam bentuk cetak (printed
              materials).

                                          40
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52