Page 49 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 49

salah  satu prasarana yang  dapat meningkatkan intensitas interaksi dalam
            proses belajar jarakjauh. Namun demikian, di banyak negara, peningkatan
            intensitas  interaksi  melalui  pemanfaatan  teknologi  canggih  juga  dapat
           menurunkan  akses  masyarakat  terhadap  program  pendidikan  tersebut.
           Oleh karena itu, pemilihan teknologi tepat guna, di samping perancangan
           sistem  pembelajaran,  merupakan  hal  terpenting  yang  akan  mempenga-
            ruhi  tingkat  keterbukaan  suatu  program pendidikan jarak jauh.  Secara
           konseptual.  sistem  pendidikan  terbuka dan jarak jauh merupakan suatu
           sistem  pendidikan  yang  dirancang  dan  dimaksudkan  untuk  mengatasi
           kendala jarak (baik dalam pengertian waktu  maupun  tempat),  ekonomi.
           maupun karakteristik demografi,  sehingga dapat memberikan kesempat-
           an  kepada semua orang untuk belajar sepanjang hayar.


            Daftar Pustaka
            Bates.  A. W.  ( 1995).  Technology,  open learning,  and distance education.

                New York:  Routledge.
           Be lawati. T. ( 1999). Sistem pendidikan terbuka dan jamk jauh: Suatu refor-

                masi pola pikir.  Karya  tulis  disajikan pada Seminar Pendidikan Ja-
                rak Jauh  Dalam Reformasi  Pendidikan,  Wisuda  I Tahun  1999 Uni-
                versitas  Terbuka.
           Brigham.  D. E. (1999).  U.S. distancecourses: What'soutthere?what's
                                                   11
                hot? what's not?. Proceeding of the 19 World Conference on Open
                Leanzing and Distance Education. Vienna, June 20-24.
           Daniel, J .S. ( 1997). Mega-universitites and knowledge media.  Technology
                strategies for higher education. Great Britain:  Kogan  Page.
           Garrison. D.R. ( 1993). Quality and access in distance education: Theoreti-
                cal considerations.  Dalam  D.  Keegan  (Ed.).  Theoretical principles
                of distance education (hal. 9-21) . New York:  Routledge.
            Holmberg.  B.  1983.  Guided didactic conversation in  distance education.


                                           42
   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54