Page 49 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 49
salah satu prasarana yang dapat meningkatkan intensitas interaksi dalam
proses belajar jarakjauh. Namun demikian, di banyak negara, peningkatan
intensitas interaksi melalui pemanfaatan teknologi canggih juga dapat
menurunkan akses masyarakat terhadap program pendidikan tersebut.
Oleh karena itu, pemilihan teknologi tepat guna, di samping perancangan
sistem pembelajaran, merupakan hal terpenting yang akan mempenga-
ruhi tingkat keterbukaan suatu program pendidikan jarak jauh. Secara
konseptual. sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh merupakan suatu
sistem pendidikan yang dirancang dan dimaksudkan untuk mengatasi
kendala jarak (baik dalam pengertian waktu maupun tempat), ekonomi.
maupun karakteristik demografi, sehingga dapat memberikan kesempat-
an kepada semua orang untuk belajar sepanjang hayar.
Daftar Pustaka
Bates. A. W. ( 1995). Technology, open learning, and distance education.
New York: Routledge.
Be lawati. T. ( 1999). Sistem pendidikan terbuka dan jamk jauh: Suatu refor-
masi pola pikir. Karya tulis disajikan pada Seminar Pendidikan Ja-
rak Jauh Dalam Reformasi Pendidikan, Wisuda I Tahun 1999 Uni-
versitas Terbuka.
Brigham. D. E. (1999). U.S. distancecourses: What'soutthere?what's
11
hot? what's not?. Proceeding of the 19 World Conference on Open
Leanzing and Distance Education. Vienna, June 20-24.
Daniel, J .S. ( 1997). Mega-universitites and knowledge media. Technology
strategies for higher education. Great Britain: Kogan Page.
Garrison. D.R. ( 1993). Quality and access in distance education: Theoreti-
cal considerations. Dalam D. Keegan (Ed.). Theoretical principles
of distance education (hal. 9-21) . New York: Routledge.
Holmberg. B. 1983. Guided didactic conversation in distance education.
42