Page 45 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 45
Pemasyarakatan dan pengak:uan konsep pendidikan terbuka secara
eksplisit dilakukan oleh UNESCO. Dalam deklarasinya, UNESCO
mengemukakan bahwa
Education is a basic human right and a universal human value and sho-
uld be made available over the entire lifetime of each individual
(UNESCO, 1996).
Konsep pendidikan sepanjang hayat (life-long learning) dan pendidik-
an untuk semua (education of all) yang dideklarasikan oleh UNESCO
merupakan suatu ideologi yang menekankan pada keterbukaan pendidik-
an. Kedua konsep ini secara mendasar mengatakan bahwa setiap orang
berhak memperoleh kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pendi-
dikan sepanjang hayatnya.
Meningkatkan Keterbukaan: Perancangan Sistem dan Pemanfaatan
Teknologi
Sejauh ini, walaupun konsep pendidikan terbuka telah didengungkan
dan dimasyarakatkan, belum ada penyelenggaraan pendidikan jarak jauh
yang seratus persen terbuka. Pada prakteknya, kebanyakan institusi yang
menawarkan program pendidikan jarak jauh masih tetap memberlak:ukan
aturan-aturan yang mengurangi keterbukaan, terutama apabila institusi
tersebut memberikan akreditasi bagi lulusannya.
Sistem pendidikan jarak jauh ini dapat ditingkatkan keterbukaannya
dengan merancang sistem pembelajaran secara lebih fleksibel (Belawati,
1999), seperti misalnya melalui:
• Open entry - open exit system: artinya setiap individu boleh memulai
dan menyelesaikan proses pendidikannya kapan saja sesuai dengan
kondisi masing-masing.
38