Page 45 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 45

Pemasyarakatan  dan  pengak:uan  konsep  pendidikan  terbuka  secara
           eksplisit  dilakukan  oleh  UNESCO.  Dalam  deklarasinya,  UNESCO
           mengemukakan  bahwa

              Education is a basic human right and a universal human value and sho-
              uld be  made available  over the  entire  lifetime  of each  individual
              (UNESCO, 1996).

              Konsep pendidikan sepanjang hayat (life-long learning) dan pendidik-
           an untuk  semua (education  of all)  yang  dideklarasikan  oleh  UNESCO
           merupakan suatu ideologi yang menekankan pada keterbukaan pendidik-
           an. Kedua  konsep  ini  secara  mendasar  mengatakan bahwa setiap  orang
           berhak memperoleh kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pendi-
           dikan sepanjang hayatnya.


           Meningkatkan Keterbukaan:  Perancangan  Sistem dan Pemanfaatan
           Teknologi
              Sejauh  ini, walaupun konsep  pendidikan terbuka  telah didengungkan
           dan dimasyarakatkan, belum ada penyelenggaraan pendidikan jarak jauh
           yang  seratus persen terbuka. Pada prakteknya, kebanyakan institusi yang
           menawarkan program pendidikan jarak jauh masih tetap memberlak:ukan
           aturan-aturan  yang  mengurangi  keterbukaan,  terutama  apabila  institusi
           tersebut memberikan akreditasi bagi lulusannya.
              Sistem  pendidikan jarak jauh  ini  dapat  ditingkatkan  keterbukaannya
           dengan merancang  sistem pembelajaran secara lebih fleksibel  (Belawati,
           1999), seperti misalnya melalui:

           •  Open entry - open exit system: artinya setiap individu boleh memulai
              dan  menyelesaikan  proses  pendidikannya  kapan  saja  sesuai dengan
              kondisi masing-masing.


                                          38
   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50