Page 55 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 55

rang  yang  telah  mendapatkan gelar dari  suatu universitas terbuka mem-
            buka peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, dan menutup
            peluang tersebut bagi yang tidak memiliki gelar.

               Model single mode relatif mahal untuk dikembangkan dan  menghen-
            daki jumlah siswa besar agar secara ekonomis layak.  Model ini  memer-
            lukan nilai  investasi awal yang besar untuk prasarana dan pengembangan
            bahan  ajar.  Namun  biaya  ini  dapat  dirata-rata  selama  beberapa  tahun
            sehingga  biaya  tiap  siswa  lebih  murah  dibandingkan  pada  universitas
            konvensional, asalkan jumlah siswa cukup besar. Pada dasarnya program
            PTJJ  lebih  murah .daripada  program  pendidikan  konvensional.  Namun
            model  single  mode  memiliki  tantangan  ekonomi  dan  manajemen  pada
            lembaga dengan jumlah siswa  kecil  sehingga diperlukan  sistem manaje-
            men  dan administrasi yang  ketat.

               Sebagai  lembaga yang  menerapkan  model single mode,  UT memiliki
            karakteristik  khas  sesuai  konteks  dan  kebutuhan  Indonesia.  Sistem  UT
            ditandai  dengan  dominasi  budaya  industri  yang  kuat dan birokrasi yang
            terpusat. Budaya manajemen sangat menonjol sehingga UT perlu mengam-
            bil  nilai pokok dalam manajemen bisnis.  Budaya perusahaan UT adalah
            sebagai 'universiras pengelola' (management universiry) yang memanfaat-
            kan sumber daya yang ada pada lembaga dan universitas lain. Pemanfaatan
            teknologi baru masih sangat terbatas, karena daya jangkau siswa maupun
            kemampuan  lembaga  yang  terbatas.  Mahasiswa  UT belajar  dari  bahan
            cetak yang rrierildi sumber utama, dan sesekali mengikuti siaran televisi,
            radio, serta tutorial atau kelompok belajar atas inisiatif sendiri.  Mahasis-
            wa  Program Penyetaraan Guru lebih beruntung karena mereka memper-
            oleh  kesempatan  tutorial  yang jauh  lebih  banyak,  karena partisipasi da-
            lam  tutorial  merupakan prasyarat  Program  tersebut.  Jumlah  mahasiswa
            yang  besar,  melebihi 400.000,  memungkinkan biaya rata-rata per maha-

                                           48
   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60