Page 56 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 56

siswa  menjadi  sangat  kecil,  sehingga  UT mampu bersaing  sebagai uni-
        versitas dengan iuran sumbangan pendidikan (SPP) yang murah.


        Model dual mode
           Banyak program PTJJ .dikembangkan di  universitas yang menerapkan
        model dual mode, deugan mendirikan suatu unit atau divisi khusus yang
        menangani siswa jarak jauh.  Dalam model ini ada dua kelompok siswa,
        yaitu  mereka yang  belajar secara tatap muka di kelas, dan mereka yang
        belajar secara jarak jauh tanpa atau dengan syarat tatap  muka yang  sa-
        ngat  minimum.  Dua  kelompok  siswa  ini  secara  teoritis  mendapatkan
        pelayanan yang  sebanding dari  lembaga,  sekalipun kenyataannya  maha-
        siswa  tatap muka memiliki lebih banyak kemudahan dalam hal akses ke
        berbagai sumber belajar di karnpus. Secara historis, model dual mode di-
        pergunakan untuk  menangkal  kecurigaan  terhadap  PTJJ  sebagai  menu-
        runkan standar pendidikan.  Kesamaan penghargaan antara pembelajaran
        tatap muka dan jarak jauh dapat dicapai dengan menugaskan staf akade-
        mik yang sama mengajar dan menguji dua kelompok siswa yang berbeda.
        Keduanya mendapatkan gelar yang sama, sekalipun metode pembelajar-
        an  mereka  berbeda.  Negara  seperti  Australia  dan  New  Zeland  adalah
        pelopor penerapan model dual mode untuk pendidikan tinggi.
           Pada universitas  dual mode, dua kelompok mahasiswa  memiliki  ka-
        rakteristik yang sangat berbeda dalam banyak hal. Mahasiswa tatap muka
        umumnya lebih muda dan mengikuti pendidikan universitas langsung se-
        telah  menamatkan  sekolah menengah.  Mahasiswa jarak jauh umurnnya
        lebih tua,  lebih kaya  dalam  pengalaman hidup maupun pekerjaan, serta
        memiliki keluarga serta komitmen lainnya. Banyak di antara mereka bah-
        kan tidak menamatkan sekolah menengah atas,  dan mereka masuk ma-
        suk universitas melalui skema 'matang usia', yang  dimungkinkan terjadi
        di negara maju. Banyak orang beranggapan bahwa mahasiswa jarak jauh
                                       49
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61