Page 61 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 61

Tantangan, peluang dan prospek
             Abad  ke-20 ditandai dengan ekspansi  dan demokratisasi  pendidikan,
          mulai  dari  pendidikan  dasar  hingga  pendidikan  tinggi.  Belajar  terbuka
          menjadi salah satu perwujudan demokratisasi pendidikan.  'Keterbukaan'
          dalam  belajar  ini  meliputi  pemberian  kesempatan  luas  kepada  individu

          umuk  melanjutkan  pendidikan  tanpa  pembatasan  syarat  masuk,  waktu,
          kendala  keuangan, jarak geografis.  serta hambatan  sosial  budaya  (Paul,
           1993). Memasuki abad ke-21 . pendidikan tinggi akan banyak dipenuhi de-
          ngan orang dewasa yang  ingin melanjutkan pendidikan, padahal  lembaga
          konvensional memiliki daya tampung terbatas. Pada sektor pendiqikan me-
          nengah.  sistem  PTJJ  diperlukan guna mengatasi persoalan ekspansi dan
          pullls sekolah. PTJJ merupakan salah satu produk inovasi pendidikan yang
          bermanfaat dan memiliki prospek masa depan yang cerah.
             Ragam model PTJJ (single mode, dual mode, maupun konsorsium) akan
          tetap berkembang menyesuaikan zaman dan kebutuhan masyarakat (Croft,
           19<n).  Pada sektor pendidikan tinggi . model single mode diwujudkan da-
          lam  universitas terbuka. Keterbukaan  lembaga ini mesti  teruji dalam be-
          berapa  dimensi.  meliputi  daya  jangkau,  fleksibilitas.  keleluasaan  siswa
          dalam memilih isi  maupun struktur pelajaran, pilihan dalam sistem pem-
          belajaran.  dan  akreditasi.  Lembaga  universitas  terbuka  telah  mampu
          membantu  mengatasi  berbagai  hambatan  siswa  dalam  belajar.  Namun
          masih ada  tantangan bagi  praktisi  PTJJ  untuk  mengubah pola pikir dan
          meningkatkan pemahaman tentang teori maupun praktek belajar terbuka.
             Teknologi  menjadikan  universitas  terbuka sebagai  new temples  of le-
          arning (Reddy,  1993), semacam 'pesamren gaya baru'  yang  menerapkan
          PTJJ  dalam  upaya  demokratisasi  pendidikan  tinggi .  Beberapa  lembaga
          single mode telah  berkembang  menjadi  mega-universitas,  termasuk UT,
          yang  menerapkan  teknologi  pembelajaran  jarak jauh.  mempromosikan
          bela  jar  terbuka.  serta  menampung jumlah  yang  besar  melebihi 100.000

                                          54
   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66