Page 63 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 63

Konsorsium  melibatkan  adanya jaringan  kerjasama  dalam  pengem-
          bangan dan penyajian  program  PTJJ.  Pada  dasarnya  PTJJ  terselenggara
          berkat adanya jaringan kerja  sama,  sekalipun tidak selalu mudah untuk
          membangun kerjasama di  semua fungsi  PTJJ.  Di  Indonesia,  UT meru-
          pakan a network of participating institutions  yang  bekerja sama dengan
          banyak  lembaga mulai dari perguruan tinggi  negeri,  Kantor  Pos,  Bank,
          surat  kabar,  jaringan radio  dan  televisi  lokal  maupu  nasional  (Setijadi,
          1988).  Sekolah  Menengah  Pertama  Terbuka  (SMPT)  bekerja  sama de-
          ngan sekolah konvensional  serta  lembaga  lain guna menanjang program
          pembelajaran jarak jauh. Di Inggris, UKOU bekerja sama dengan stasiun
          televisi  British Broadcasting Corporation (BBC).
             Jaringan  kerjasama  antar  lembaga  telah  berkembang  menjadi  suatu
          kebutuhan yang hams dipenuhi penyelenggara PTJJ.  Di Indonesia, berba-
          gai  prasarana  komunikasi  telah  berkembang  dan  siap  untuk dimanfaat-
          kan  untuk  penyelenggaraan  PTJJ  sehingga  suatu  pola  kerjasama  antara
          berbagai  lembaga yang  saling menunjang dan menguntungkan dapat di-
          kembangkan lebih lanjut.  Kelemahan yang ada pada suatu lembaga dapat
          dilengkapi dengan kekuatan yang dimiliki lembaga lain. Peran pemerintah
          sangat penting untuk membangun iklim kerjasama yang kondusif. lnisiatif
          pemerintah  diperlukan  dalam  bentuk  kebijaksanaan,  regulasi  serta
          keterbukaan dalam pembentukan pola kerjasama yang dikehendaki.
             Model  mana  yang  dipilih?  Terlepas dari model  apapun  yang  dianut,
          karakteristik dasar PTJJ tetap berlaku dan bermuara sama pada tercapai-
          nya tujuan masyarakat belajar.  Masing-masing model memberikan kontri-
          busi yang berarti bagi pemerataan dan perluasan kesempatan pendidikan.
          Skala dan efektivitas biaya dapat menjadi salah satu faktor yang menen-
          tukan keputusan tentang model yang diterapkan. Tujuan PTJJ yang sama
          dapat dicapai dengan menerapkan model yang berbeda, dan tidak ada mo-
          del yang  paling benar dalam menyelenggarakan PTJJ.  Jawaban terhadap

                                         56
   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68