Page 68 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 68

MEDIA
                      DALAM PENDIDIKAN  TERBUKA
                              DAN JARAK JAUH


                          Dewi Padmo dan Benny Pribadi






        Pendahuluan


           Penyelenggaran Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) sangat le-
        kat dengan penggunaan media. Sesuai dengan karakteristik PTJJ,  dapat
        dikatakan bahwa sebagian besar bahan ajar disampaikan melalui berane-
        ka  ragam  media;  baik media cetak (rnisalnya buku),  maupun noncetak
        (misalnya audio-visual,  komputer).  Sejumlah ahli,  umurnnya sependapat
        bahwa  PTJJ  memiliki  sedikitnya  dua  karakteristik  (Keegan,  1991).
        Karakteristik  pertama  adalah  adanya  keterpisahan  antara  pengajar  de-
        ngan peserta didik, baik ditinjau dari sisi jarak, ruang maupun waktu.  Ka-
        rakteristik  kedua  adalah  adanya  penggunaan  media.  Dari  pendapat  ter-
        sebut,  keterpisahan  antara  pengajar dan  peserta  didik  terlihat  sebagai
        elemen  utama  yang  menjadi  karakteristik  dasar  pendidikan jarak jauh.
        Sementara elemen  kedua,  penggunaan  media,  merupakan  dampak dari
        adanya  keterpisahan ini.  Untuk menjembatani keterpisahan  ini  dibutuh-
        kan  media komunikasi.  Kehadiran media ini  menjadi salah satu ciri  ke-
        samaan antara instititusi penyelenggara PTJJ. Sementara salah satu yang
        membedakan institusi penyelenggara PTJJ adalah jenis media yang digu-
        nakan.  Variasi penggunaan media antar institusi penyelenggara PTJJ  sa-
        ngat  beragam  mengingat  banyaknya jenis  media  yang  dapat  dimanfaat-



                                       61
   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73