Page 68 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 68
MEDIA
DALAM PENDIDIKAN TERBUKA
DAN JARAK JAUH
Dewi Padmo dan Benny Pribadi
Pendahuluan
Penyelenggaran Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) sangat le-
kat dengan penggunaan media. Sesuai dengan karakteristik PTJJ, dapat
dikatakan bahwa sebagian besar bahan ajar disampaikan melalui berane-
ka ragam media; baik media cetak (rnisalnya buku), maupun noncetak
(misalnya audio-visual, komputer). Sejumlah ahli, umurnnya sependapat
bahwa PTJJ memiliki sedikitnya dua karakteristik (Keegan, 1991).
Karakteristik pertama adalah adanya keterpisahan antara pengajar de-
ngan peserta didik, baik ditinjau dari sisi jarak, ruang maupun waktu. Ka-
rakteristik kedua adalah adanya penggunaan media. Dari pendapat ter-
sebut, keterpisahan antara pengajar dan peserta didik terlihat sebagai
elemen utama yang menjadi karakteristik dasar pendidikan jarak jauh.
Sementara elemen kedua, penggunaan media, merupakan dampak dari
adanya keterpisahan ini. Untuk menjembatani keterpisahan ini dibutuh-
kan media komunikasi. Kehadiran media ini menjadi salah satu ciri ke-
samaan antara instititusi penyelenggara PTJJ. Sementara salah satu yang
membedakan institusi penyelenggara PTJJ adalah jenis media yang digu-
nakan. Variasi penggunaan media antar institusi penyelenggara PTJJ sa-
ngat beragam mengingat banyaknya jenis media yang dapat dimanfaat-
61