Page 73 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 73
moduler dalam menyampaikan bahan ajar. Menurut Mager (1995), da-
lam sistem moduler, bahan ajar cetak selain berisi materi ajar juga me-
nyajikan latihan untuk menerapkankan keterampilan atau kompetensi yang
sedang dipelajari dan umpan batik yang menjadi indikator tentang kualitas
latihan yang telah dilakukan oleh siswa. Secara lebih rinci Mager (1995)
mengungkapkan beberapa komponen penting dalam bahan ajar yang
menggunakan sistem moduler. Komponen tersebut antara lain:
• Deskripsi materi ajar secara menyeluruh (program picture)
• Thjuan pembelajaran yang akan dicapai (objective)
• Manfaat dan relevansi materi ajar (relevance)
• Contoh kompetensi yang akan dimiliki setelah mempelajari modul
(demo)
• Materi ajar (instruction)
• Latihan (practice)
• Umpan batik (feedback)
• Cara untuk menguji keterampilan yang telah dipelajari.
Dengan kemampuan berpenampilan demikian, maka wajarlah media
cetak mampu berperan sebagai media yang paling banyak digunakan ser-
ta mampu mempertahankan peranannya dalam PTJJ. Selain itu, apabila
ditinjau dari cakupan materi yang akan disampaikan, maka terlihat
fleksibilitas media cetakpun cukup tinggi. Hal ini diungkapkan oleh David
Sewart dkk ( 1988) sebagai berikut:
"Print material is more useful for providing content where a good deal
of ground needs to be covered or where certain skills (analytical,
mathematical, conceptual) need to be developed" (hal.239).
b. Radio
Radio telah dikenal sebagai media yang sangat memasyarakat. Di
negara-negara maju, misalnya, hampir semua orang memiliki radio
66