Page 76 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 76

Pemanfaatan siaran televisi  dalam PTJJ  tidak hanya didasarkan pada

         kemampuannya menyajikan beragam informasi dalam bentuk audio-visual
         secara  bersamaan,  tetapi juga  karena  kemampuannya  menjangkau  se-
         jumlah besar pemirsa dalam jangkauan wilayah geografis yang relatif lu-
         as.  Lebih jauh Sewart ( 1988) mengemukakan :
            " ... Broadcast television or radio is still the easiest way of reaching
            adult learners or potential learners at a distance. It reaches every home
            and it can be entertaining and attractive (hal.239).



            Sebagai media yang sarat dengan informasi audio dan visual yang se-
         cara simultan disajikan,  televisi pendidikan dikenal mampu memberikan
         pemahaman  mengenai  konsep-konsep  abstrak  (Bates,  1988)  dan
         menawarkan fleksibilitas yang utuh serta memungkinkan seorang peran-
         cang instruksional mengkombinasikan gambar dan suara untuk mengko-
         munikasikan  pesan  yang  ingin  disampaikan  (Lewis, 1977).  Meskipun
         demikian,  masih ada keraguan mengenai efektivitas  televisi sebagai me-
         dia pembelajaran yang  didasari pada ketidakberhasilan media  ini  dalam

         proses  belajar mengajar.  Tetapi  dalam  sebuah  kajian  mengenai  kebera-
         daan medium televisi sebagai media pembelajaran  yang dilakukan pada
         tahun 1987, disimpulkan bahwa medium ini mempunyai potensi yang ber-
         nilai  sebagai alat pengajaran  apabila diberikan dukungan dan perhatian

         yang cukup (Zugner, 1987).
            Dukungan dan perhatian yang diperlukan antara lain mencakup kemas-
         an yang menarik  yang memerlukan kreativitas produser untuk mencipta-
         kan format tayangan program yang mampu mendidik dan sekaligus meng-
         hibur.  Konsep ini dikenal dengan istilah edutainment. Kemampuan untuk
         menerobos kekakuan siaran televisi pendidikan yang  seringkali  terjebak
         dalam bentuk tayangan monoton yang bersifat naratif seperti talking head,

         merupakan sebuah tantangan. Keterbatasan lain dari pemanfaatan media

                                        69
   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81