Page 72 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 72
pendidikan jarak jauh di dunia memanfaatkan media cetak sebagai media
utama untuk menyampaikan materi ajar. Kenyataan yang demikian
menempatkan media cetak dalam posisi "primadona" dalam PTJJ. Kondi-
si tersebut tentu saja tidak hanya didasarkan pada masalah biaya pengem-
bangan dan pengadaan yang dapat dikatagorikan lebih murah dibanding
dengan media lain. Fleksibilitas sebagai keunggulan media cetak yang ti-
dak dimiliki oleh media lain ternyata juga menjadi faktor pendorong atau
faktor yang menentukan pemanfaatan media cetak pada PTJJ. Fleksibili-
tas media cetak mencakup fleksibilitas tempat ( dapat digunakan di mana
saja), waktu (kapan saja), wujud (buku materi pokok, buku kerja, pandu-
an belajar, pamflet, brosur, peta, chart), jenis cetakan (tulisan, gambar,
foto, grafik, tabel), serta kemampuannya untuk dipadukan dengan media
lain.
Pada kondisi ini, umumnya media cetak dimanfaatkan sebagai media
utama yang berisikan materi-materi utama, sementara media lain ber-
fungsi sebagai media yang menyampaikan materi penjelasan. Kombinasi
antara media cetak dengan media video/televisi merupakan contoh
pemanfaatan media secara terpadu. Media cetak dipergunakan sebagai
bahan utama yang digunakan untuk mempelajari informasi yang terdapat
dalam media televisi/video. Media video dalam hal ini, digunakan untuk
menjelaskan konsep-konsep dalam materi ajar yang tidak dapat diajar-
kan secara efektif melalui media cetak.
Di samping itu, fleksibilitas lain dari media cetak yang sangat menon-
jol dalam pemanfaataannya dalam PTJJ adalah kemampuannya untuk
disajikan dalam format moduler. Pemanfaatan sistem moduler mempu-
nyai makna bahwa materi ajar dapat dipelajari bagian per bagian secara
runtut dan berkesinambungan. Dengan cara ini pengguna diharapkan akan
mampu memahami materi ajar secara menyeluruh. lnstitusi PTJJ yang
berbasis pada media cetak (print based), umumnya memanfaatkan sistem
65