Page 72 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 72

pendidikan jarak jauh di dunia memanfaatkan media cetak sebagai media
         utama  untuk  menyampaikan  materi  ajar.  Kenyataan  yang  demikian
         menempatkan media cetak dalam posisi "primadona" dalam PTJJ. Kondi-
         si tersebut tentu saja tidak hanya didasarkan pada masalah biaya pengem-
         bangan dan pengadaan yang  dapat dikatagorikan lebih murah dibanding
        dengan media lain.  Fleksibilitas sebagai keunggulan media cetak yang ti-
        dak dimiliki oleh media lain ternyata juga menjadi faktor pendorong atau
         faktor yang  menentukan pemanfaatan media cetak pada PTJJ.  Fleksibili-
         tas media cetak mencakup fleksibilitas tempat ( dapat digunakan di mana
        saja), waktu (kapan saja), wujud (buku materi pokok, buku kerja, pandu-
        an belajar,  pamflet, brosur,  peta, chart), jenis cetakan (tulisan, gambar,
         foto, grafik, tabel), serta kemampuannya untuk dipadukan dengan media
         lain.
           Pada kondisi  ini, umumnya media cetak dimanfaatkan sebagai media
        utama  yang  berisikan  materi-materi  utama,  sementara  media  lain  ber-
        fungsi  sebagai media yang  menyampaikan materi penjelasan. Kombinasi
        antara  media  cetak  dengan  media  video/televisi  merupakan  contoh
        pemanfaatan  media  secara  terpadu.  Media  cetak  dipergunakan  sebagai
        bahan utama yang digunakan untuk mempelajari informasi yang terdapat
        dalam media televisi/video. Media video dalam hal ini, digunakan untuk
        menjelaskan  konsep-konsep  dalam  materi  ajar  yang  tidak dapat  diajar-
        kan secara efektif melalui media cetak.
           Di samping itu, fleksibilitas lain dari media cetak yang sangat menon-
        jol  dalam  pemanfaataannya  dalam  PTJJ  adalah  kemampuannya  untuk
        disajikan  dalam  format  moduler.  Pemanfaatan sistem  moduler  mempu-
        nyai  makna bahwa materi ajar dapat dipelajari bagian per bagian secara
        runtut dan berkesinambungan. Dengan cara ini pengguna diharapkan akan
        mampu memahami materi ajar  secara menyeluruh.  lnstitusi PTJJ  yang
        berbasis pada media cetak (print based), umumnya memanfaatkan sistem

                                        65
   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77