Page 74 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 74

(UNESCO, 1986).  Sementara  pada  negara-negara  berkembang  radio di-
        kategorikan sebagai  barang yang  cukup terjangkau harganya dan mudah
        didapat  (Verduin,1991).  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  radio  merupakan
        sebuah media yang memiliki aksesibilitas tinggi. Dalam PTJJ media radio
        juga dikenal sebagai media yang cukup banyak digunakan sebagai sarana
        untuk menyampaikan materi  ajar.  Kenyataan  ini  tidak hanya disebabkan
        oleh biaya produksi yang  relatif lebih murah dibandingkan dengan media
        lain,  tetapi juga karena  kemampuannya  untuk  menjangkau  daerah  lebih
        luas dan terpencil. Hal ini yang diungkapkan pula oleh Bansal dan Chau-
        dary ( 1999) bahwa :
           "Radio has a great potential to support learning at a distance ... Radio
           broadcasting has its inherent strength and sphere of influence. It has
           outreach among the masses and is a more  affordable medium. It can
           transcend literacy and geographical barriers and reach out to remote
           areas and hilly terrains with relatively low cost technology" (hal.  1).


           Walaupun  media  radio  memiliki  beberapa  keunggulan  untuk diman-
        faatkan  dalam  PTJJ,  kelemahan  media  ini  perlu  pula  dicermati.  Pene-
        litian di The United Kingdom Open University di lnggris tentang pemanfaat-
        an media  radio  menunjukkan  bahwa  walaupun  program  radio  sangat
        memotivasi,  ternyata  peserta  didik mengalami  kesulitan belajar  melalui
        radio.  Pada umumnya peserta didik mengalami  kesulitan berkonsentrasi
        mendengarkan  program  yang  berdurasi  20  menit.  Bahkan  berdasarkan
        basil penelitian, durasi sebaiknya tidak lebih dari 15 menit atau bahkan 10
        menit  (Bates,  1986).  Hal  ini  merupakan  suatu  fakta  yang  tidak  dapat
        dielakkan mengingat media radio bersifat transistory, artinya materi ajar
        yang disiarkan melalui radio cepat berlalu dan mudah dilupakan. Sebagai
        dampak karakteristik ini,  media  radio  lebih tepat digunakan untuk me-
        nyampaikan materi  ajar yang  bersifat umum,  auditif,  konkrit,  sehingga

                                       67
   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79