Page 69 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 69

kan,  mulai  dari media yang paling sederhana sampai pada yang  paling
           canggih.
              Dalam menentukan media yang digunakan, selain situasi dan kondisi
           institusi,  ada dua hal  yang  harus diperhatikan dan dijadikan acuan bagi
           pengelola  dan pengambil  keputusan  PTJJ,  yaitu  ragam  media  yang  ter-
           sedia dan pemilihan media yang tepat guna dan tepat sasar.


           Rag am  Media dalam PT JJ
              Media yang digunakan dalam PTJJ dipengaruhi oleh teknologi. Dalam
           era  kemajuan  teknologi  yang  luar  biasa,  media  yang  dapat  dipilih  dan
           digunakan semakin luas.  Banyak institusi  penyelenggara PTJJ  berlomba
           memanfaatkan  media  pembelajaran  yang  canggih,  modern dan  mahal.
           Mereka berasumsi bahwa semakin canggih media yang digunakan maka
           semakin  tinggi  pula  nilai  pembelajarannya.  Asumsi  ini  tidak  selamanya
           benar,  sebab media yang  sederhana sekalipun,  apabila digunakan sesuai
           dengan  karakteristik  dan  kemampuannya  akan  memberikan  nilai  pem-
           belajaran yang  tidak sedikit.  Untuk daerah terpencil dan terisolasi serta
           daerah  yang  belum  memiliki  tenaga  listrik,  penggunaan  media  yang
           sederhana  akan  lebih efektif. Pertanyaan yang  timbul  kemudian adalah:
           Bagaimana para perancang dan pengelola PTJJ dapat mengetahui media
           apa yang paling tepat diterapkan? Untuk menjawab pertanyaan ini, diper-
           lukan sebuah pemahaman yang baik mengenai seluk beluk media.


           1.  Pengertian, Jenis dan Karakteristik Media
             Media telah lama dimengerti sebagai alat komunikasi yang digunakan
           untuk menyampaikan suaru informasi. Apabila media ini dikaitkan dengan
           kegiatan  pembelajaran,  maka  dapat  diartikan bahwa  media  adalah  alat
           komunikasi  yang  digunakan  untuk  membawa  informasi  yang  dimaksud-
           kan unruk pembelajaran (Heinich, et.al,1996). Mengingat banyaknya ragam

                                          62
   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74