Page 69 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 69
kan, mulai dari media yang paling sederhana sampai pada yang paling
canggih.
Dalam menentukan media yang digunakan, selain situasi dan kondisi
institusi, ada dua hal yang harus diperhatikan dan dijadikan acuan bagi
pengelola dan pengambil keputusan PTJJ, yaitu ragam media yang ter-
sedia dan pemilihan media yang tepat guna dan tepat sasar.
Rag am Media dalam PT JJ
Media yang digunakan dalam PTJJ dipengaruhi oleh teknologi. Dalam
era kemajuan teknologi yang luar biasa, media yang dapat dipilih dan
digunakan semakin luas. Banyak institusi penyelenggara PTJJ berlomba
memanfaatkan media pembelajaran yang canggih, modern dan mahal.
Mereka berasumsi bahwa semakin canggih media yang digunakan maka
semakin tinggi pula nilai pembelajarannya. Asumsi ini tidak selamanya
benar, sebab media yang sederhana sekalipun, apabila digunakan sesuai
dengan karakteristik dan kemampuannya akan memberikan nilai pem-
belajaran yang tidak sedikit. Untuk daerah terpencil dan terisolasi serta
daerah yang belum memiliki tenaga listrik, penggunaan media yang
sederhana akan lebih efektif. Pertanyaan yang timbul kemudian adalah:
Bagaimana para perancang dan pengelola PTJJ dapat mengetahui media
apa yang paling tepat diterapkan? Untuk menjawab pertanyaan ini, diper-
lukan sebuah pemahaman yang baik mengenai seluk beluk media.
1. Pengertian, Jenis dan Karakteristik Media
Media telah lama dimengerti sebagai alat komunikasi yang digunakan
untuk menyampaikan suaru informasi. Apabila media ini dikaitkan dengan
kegiatan pembelajaran, maka dapat diartikan bahwa media adalah alat
komunikasi yang digunakan untuk membawa informasi yang dimaksud-
kan unruk pembelajaran (Heinich, et.al,1996). Mengingat banyaknya ragam
62