Page 65 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 65
sanggup memanfaatkan teknologi baru secara bijaksana. Lembaga PTJJ
model apapun serta lembaga konvensional akan saling berkompetisi da-
lam pemanfaman teknologi untuk membantu proses belajar siswa. Dalam
persaingan ini, pemenangnya adalah lembaga berbentuk apa pun yang
mampu memberikan pelayanan terbaik. dengan kualitas terbaik. pada har-
ga yang paling kompetitif.
Bahan ajar dan informasi kini menjadi barang milik publik yang mudah
didapatkan masyarakat. Kualitasnya tergantung pada isi. desain, produksi
media, penyampaian, serta dukungan dan layanan yang diberikan (Bates,
1997). Tan tang an bagi praktisi PTJJ dan pendidikan pada umumnya ada-
lah cepat tanggap dan menyesuaikan diri; siap menerima, belajar dan
bereksperimen dengan teknologi baru: serta mau meningkatkan keteram-
pilan. Pada saat yang sama lembaga pendidikan dan pemerimah ditan-
tang untuk memiliki komitmen menyediakan sumber daya yang diperlu-
kan . Tanpa kemauan dan komitmen yang sungguh-sungguh dari berbagai
pihak. upaya kita dalam memanfaatkan teknologi hanya akan berjalan di
ternpat saja. dan kita kehilangan momentum membantu menciptakan
masyarakat belajar di Indonesia.
Daftar Pustaka
ASEAN . (1995). ASEAN University Network. Jakarra: The ASEAN Sec-
retariat.
Bates. A. W. ( 1997). The impact of technological change on open and
distance learning. Distance Education, 18(1), hal. 93-109.
Croft. M. ( 1992). Single or dual mode: challenges and choices for the
future of education. Dalam I. Mugridge (ed.), Perspectives on
distance education: Distance education in single and dual mode
Universities (hal. 49-62). Vancouver: The Commonwealth of Learn-
ing.
58