Page 65 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 65

sanggup  memanfaatkan  teknologi  baru secara  bijaksana.  Lembaga PTJJ
          model  apapun  serta lembaga  konvensional  akan saling  berkompetisi  da-
          lam pemanfaman teknologi  untuk membantu proses belajar siswa.  Dalam
          persaingan  ini,  pemenangnya  adalah  lembaga  berbentuk  apa  pun  yang
          mampu memberikan pelayanan terbaik. dengan kualitas terbaik. pada har-
          ga yang paling kompetitif.
             Bahan ajar dan informasi kini menjadi barang milik publik yang mudah
          didapatkan masyarakat.  Kualitasnya tergantung pada isi. desain,  produksi
          media, penyampaian, serta dukungan dan layanan yang  diberikan (Bates,
          1997). Tan tang an bagi praktisi PTJJ dan pendidikan pada umumnya ada-
          lah  cepat  tanggap  dan  menyesuaikan  diri;  siap  menerima,  belajar  dan
          bereksperimen dengan teknologi baru: serta mau meningkatkan keteram-
          pilan.  Pada  saat  yang  sama  lembaga  pendidikan  dan  pemerimah  ditan-
          tang  untuk  memiliki komitmen  menyediakan sumber daya yang  diperlu-
          kan . Tanpa kemauan dan komitmen yang sungguh-sungguh dari berbagai
          pihak.  upaya  kita dalam memanfaatkan teknologi hanya  akan berjalan di
          ternpat  saja.  dan  kita  kehilangan  momentum  membantu  menciptakan
          masyarakat belajar di  Indonesia.


          Daftar Pustaka
          ASEAN . (1995). ASEAN University Network. Jakarra: The ASEAN Sec-
              retariat.
          Bates.  A.  W.  ( 1997).  The  impact of technological  change  on  open and
              distance learning. Distance Education,  18(1), hal. 93-109.
          Croft.  M.  ( 1992).  Single  or dual  mode:  challenges  and choices  for  the
              future  of education.  Dalam  I.  Mugridge  (ed.),  Perspectives  on
              distance  education:  Distance  education  in  single  and dual  mode
              Universities (hal. 49-62). Vancouver: The Commonwealth of Learn-
              ing.


                                         58
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70