Page 78 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 78
da akhirnya akan berakibat terhadap rendahnya motivasi mereka untuk
bela jar.
Kendala kurangnya interaksi antara institusi PTJJ dengan peserta didik
tersebut dapat dijembatani dengan pemanfaatan media interaktif yang
memungkinkan adanya komunikasi dua arah. Sifat interaktif media yang
ideal terletak pada kemungkinan siswa dapat memberi respon terhadap
informasi yang disampaikan serta memperoleh umpan balik terhadap
respon tersebut dalam waktu yang relatif cepat. Menurut Hannafin dan
Peck (1998), umpan balik dalam media interaktif dapat berbentuk:
" ... providing information to learner about their performance or providing
corrective information about unsuccessful performance" (hal.l21). Potensi
media komputer yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivi-
tas proses pembelajaran pada sistim PTJJ antara lain:
• memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara peserta didik
dan materi pembelajaran.
• proses belajar dapat berlangsung secara individual sesuai dengan
kemampuan belajar peserta didik.
• mampu menampilkan unsur audio visual untuk meningkatkan mi-
nat belajar (multi media)
• dapat memberikan umpan balik terhadap respon peserta didik de-
ngan segera.
• mampu menciptakan proses belajar secara berkesinambungan.
Robert Heinich dkk ( 1986) mengemukakan enam bentuk interaksi yang
dapat diaplikasikan dalam merancang sebuah media pembelajaran untuk
sistem PTJJ, berupa:
• praktek dan latihan (drill and practice)
• tutorial
• permainan (games)
• simulasi (simulation)
71