Page 78 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 78

da  akhirnya  akan  berakibat  terhadap  rendahnya  motivasi  mereka untuk
         bela jar.
            Kendala kurangnya interaksi antara institusi PTJJ dengan peserta didik
         tersebut  dapat  dijembatani  dengan  pemanfaatan  media  interaktif  yang
         memungkinkan adanya komunikasi dua arah. Sifat interaktif media yang
         ideal  terletak  pada  kemungkinan siswa  dapat memberi  respon terhadap
         informasi  yang  disampaikan  serta  memperoleh  umpan  balik  terhadap
         respon  tersebut dalam waktu  yang  relatif cepat.  Menurut Hannafin dan
         Peck  (1998),  umpan  balik  dalam  media  interaktif dapat  berbentuk:
         " ... providing information to learner about their performance or providing
         corrective information about unsuccessful performance" (hal.l21). Potensi
         media komputer yang  dapat dimanfaatkan  untuk meningkatkan efektivi-
         tas  proses pembelajaran  pada sistim PTJJ antara lain:
            •  memungkinkan  terjadinya  interaksi  langsung  antara  peserta  didik
              dan materi  pembelajaran.
            •  proses belajar dapat berlangsung secara individual sesuai dengan
              kemampuan belajar peserta didik.
            •  mampu menampilkan unsur audio visual untuk meningkatkan mi-
              nat  belajar (multi media)
            •  dapat memberikan umpan balik terhadap respon peserta didik de-
              ngan segera.
            •  mampu  menciptakan proses belajar secara berkesinambungan.
           Robert Heinich dkk ( 1986) mengemukakan enam bentuk interaksi yang
         dapat diaplikasikan dalam merancang sebuah media pembelajaran untuk
         sistem  PTJJ,  berupa:
           •  praktek dan latihan (drill and practice)
           •  tutorial
           •  permainan  (games)
           •  simulasi (simulation)

                                        71
   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83