Page 80 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 80
yang tepat dari beberapa alternatif solusi yang ada. Setiap keputusan yang
diambil akan memberi dampak tertentu.
Dalam program berbentuk penemuan (discovery) , program komputer
mampu menayangkan masalah yang harus dipecahkan oleh peserta didik
dengan cara trial and error. Peserta didik harus terus mencoba sampai
berhasil menemukan solusi yang diperlukan untuk memecahkan masalah.
Dengan cara ini mereka diharapkan dapat lebih memahami prosedur yang
ditempuh untuk memecahkan suatu masalah dan mampu mengingatnya
lebih lama.
Bentuk lain dari tayangan komputer interaktif adalah problem solving
atau pemecahan masalah. Program seperti ini dapat dibedakan menjadi
dua jenis berdasarkan cara yang ditempuh siswa dalam memberikan
respon. Pada cara yang pertama siswa merumuskan sendiri solusi masa-
lah yang ditampilkan lewat komputer dan memasukkan program ke
dalamnya. Sedangkan pada cara yang kedua, komputer menyediakan
jawaban yang mewakili respon siswa terhadap masalah yang ditayangkan
oleh komputer.
e. Internet dan e-mail
Dengan teknologi yang berkembang pesat dewasa ini, pemanfaatan
komputer dalam sistim PTJJ tidak hanya dapat digunakan secara stand
alone tetapi dapat pula dimanfaatkan dalam suatu jaringan. Jaringan
komputer atau computer network telah memungkinkan proses belajar
menjadi lebih luas, lebih interaktif dan lebih fleksibel. Peserta didik dapat
melakukan proses belajar tanpa dibatasi oleh faktor ruang dan waktu,
artinya, jika ada fasilitas jaringan, peserta didik dapat melakukan proses
belajar di mana saja dan kapan saja.
Kelebihan lain dari jaringan komputer sebagai media pendidikan ada-
lab adanya kemungkinan siswa untuk melakukan interaksi dengan sesa-
73