Page 80 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 80

yang tepat dari beberapa alternatif solusi yang ada. Setiap keputusan yang
         diambil akan memberi dampak tertentu.
            Dalam program berbentuk penemuan  (discovery) , program komputer
         mampu menayangkan masalah yang harus dipecahkan oleh peserta didik
         dengan cara trial and error.  Peserta didik harus  terus  mencoba  sampai
         berhasil menemukan solusi yang diperlukan untuk memecahkan masalah.
         Dengan cara ini mereka diharapkan dapat lebih memahami prosedur yang
         ditempuh  untuk  memecahkan  suatu  masalah  dan  mampu  mengingatnya
         lebih lama.
            Bentuk lain dari tayangan komputer interaktif adalah problem solving
         atau pemecahan masalah.  Program seperti  ini dapat dibedakan menjadi
         dua jenis  berdasarkan  cara  yang  ditempuh  siswa  dalam  memberikan
         respon. Pada cara yang pertama siswa merumuskan sendiri solusi masa-
         lah  yang  ditampilkan  lewat  komputer  dan  memasukkan  program  ke
         dalamnya.  Sedangkan pada  cara  yang  kedua,  komputer  menyediakan
         jawaban yang mewakili  respon siswa terhadap masalah yang ditayangkan
         oleh komputer.


         e.  Internet dan e-mail
            Dengan  teknologi  yang  berkembang  pesat  dewasa  ini,  pemanfaatan
         komputer dalam  sistim  PTJJ  tidak  hanya  dapat digunakan  secara  stand
         alone  tetapi  dapat  pula dimanfaatkan  dalam  suatu jaringan.  Jaringan
         komputer  atau  computer  network  telah  memungkinkan  proses  belajar
         menjadi lebih luas, lebih interaktif dan lebih fleksibel. Peserta didik dapat
         melakukan  proses  belajar  tanpa  dibatasi  oleh  faktor  ruang  dan  waktu,
         artinya, jika ada fasilitas jaringan,  peserta didik dapat melakukan proses
         belajar di mana saja dan kapan saja.
            Kelebihan lain dari jaringan komputer sebagai media pendidikan ada-
         lab  adanya  kemungkinan  siswa  untuk melakukan  interaksi dengan sesa-

                                        73
   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85