Page 85 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 85

gunaan  media  tambahan  seperti  kaset  audio  dan  video  akan  menyem-
            purnakan pemahaman ataupun penguasaan bahasa asing tersebut.


            c.  Kemampuan  peserta didik  dalam penggunaan media
               Dalam pemilihan media untuk PTJJ, Rowntree (1994) mengemukakan
            perlu  memperhatikan  kemampuan  perserta  didik  dalam  menggunakan
            media sena kecenderungan mereka untuk menyukai  media tenentu. Wa-
            laupun  masih  merupakan  asumsi  apabila  kondisi  ini  diperhatikan  akan
            sangat berpengaruh terhadap proses bela  jar pada PTJJ.


            Penutup
               Dalam sebuah penyelenggaraan sistem PTJJ, media merupakan sebu-
            ah  prasyarat  yang  diperlukan  umuk  menjembatani  keterpisahan  antara
            pengajar  dan  peserta  didik,  yang  menjadi  ciri  atau  karakteristik  sistim
            PTJJ .  Kehadiran  media  memberikan  kemungkinan  terjadinya  proses
            bela jar mengajar dalam suatu sistim PTJJ. Peran pengelola dalam hal ini
            adalah  menentukan  media  yang  tepat  dalam  mendistribusikan  materi
            belajar.  Sementara  cepat  lambatnya  proses  belajar  mengajar  yang

            berlangsung dalam sistim PTJJ  selain bergantung pada kemampuan dan
            karakteristik  media  yang  digunakan juga bergantung  pada  kemampuan
            peserta didik.



            Daftar Pustaka
            Bates, T.  (1995). Technology, open learning and distance education.  New
                 York:  Routledge.
            Bates, T. ( 1986). Option for delivery media. In Perraton, Alternative routes

                 ro formal education. Washington: World Bank.
            Bates, T.  (1988). Television,  learning dan distance education:  Internati-

                 onal council for distance  education  bulletin,  16(1), 29-38.
                                           78
   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90