Page 85 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 85
gunaan media tambahan seperti kaset audio dan video akan menyem-
purnakan pemahaman ataupun penguasaan bahasa asing tersebut.
c. Kemampuan peserta didik dalam penggunaan media
Dalam pemilihan media untuk PTJJ, Rowntree (1994) mengemukakan
perlu memperhatikan kemampuan perserta didik dalam menggunakan
media sena kecenderungan mereka untuk menyukai media tenentu. Wa-
laupun masih merupakan asumsi apabila kondisi ini diperhatikan akan
sangat berpengaruh terhadap proses bela jar pada PTJJ.
Penutup
Dalam sebuah penyelenggaraan sistem PTJJ, media merupakan sebu-
ah prasyarat yang diperlukan umuk menjembatani keterpisahan antara
pengajar dan peserta didik, yang menjadi ciri atau karakteristik sistim
PTJJ . Kehadiran media memberikan kemungkinan terjadinya proses
bela jar mengajar dalam suatu sistim PTJJ. Peran pengelola dalam hal ini
adalah menentukan media yang tepat dalam mendistribusikan materi
belajar. Sementara cepat lambatnya proses belajar mengajar yang
berlangsung dalam sistim PTJJ selain bergantung pada kemampuan dan
karakteristik media yang digunakan juga bergantung pada kemampuan
peserta didik.
Daftar Pustaka
Bates, T. (1995). Technology, open learning and distance education. New
York: Routledge.
Bates, T. ( 1986). Option for delivery media. In Perraton, Alternative routes
ro formal education. Washington: World Bank.
Bates, T. (1988). Television, learning dan distance education: Internati-
onal council for distance education bulletin, 16(1), 29-38.
78