Page 89 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 89

cahan,  mengembangkan dan melaksanakan pemecahan serta menilainya.
           Karenanya teknologi tidak bisa dilepaskan dari adanya masalah dalam hi-
           dup manusia.
              Teknologi pada dasarnya netral, tidak memihak. Manusia yang berada
           di  belakang teknologi itulah yang  memiliki kepentingan-kepentingan ter-
           tentu sehingga mempengaruhi teknologi yang digunakan.  Teknologi juga
           harus  mengacu  pada efektivitas dan efisiensi.  Tidak  ada  teknologi  yang
           bertujuan menghamburkan sumber yang  ada untuk mencapai basil  yang
           kecil.  Yang terjadi adalah sebaliknya:  bagaimana bisa mendapatkan hasil
           yang sebanyak-banyaknya/sebaik-baiknya dalam waktu yang relatif cepat,
           tidak banyak memerlukan dana dan energi, serta menyenangkan.
              Teknologi, apapun bentuknya dan seberapapun tingkat kecanggihannya
           juga harus memberikan nilai tambah bagi yang  menerapkan/ mengguna-
           kannya. Harus ada sesuatu yang lebih (dalam arti positit) apabila kita meng-
           gunakan  teknologi  dalam  setiap  aspek  kehidupan  kita.  Kita  bisa  saja
           berjalan kaki pergi ke tempat kerja yang jaraknya 10 km misalnya. Kalau
           kita naik sepeda, tentunya akan lebih cepat sampai. Dengan sepeda motor
           akan lebih cepat lagi tapi ada masalah bila hujan datang. Mobil memberi
           tambahan nilai : tidak kehujanan dan bisa mengangkut lebih banyak orang
           dan  barang. Nilai tambah lainnya bermunculan kemudian berkat tekno-
           logi  seperti .. misalnya  klakson  tidak lagi  sis tern  pencet halon  tapi sentuh
           tombol, buka tutup cendela tidak lagi dengan tangkai putar tetapi eletronik,
           di  dalamnya 'tidak  lagi  panas  tapi  sejuk  karena  AC,  bisa  sambil  men-
           dengarkan radio, tidak berisik, dsb.
                         I
              Kita  kenai adanya  berbagai  macam teknologi seperti misalnya  tekno-
           logi pertanian, teknologi penerbangan, teknologi perkapalan, dan dalam
           dunia pendidikan kita kenai pula teknologi pendidikan. Sarna dengan kon-
           sep teknologi pada umumnya, teknologi pendidikan juga bisa kita pandang
           sebagai produk berupa peralatan-peralatan seperti OHP, TV,  radio,  kom-

                                          82
   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94