Page 90 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 90
puter dsb. Kecuali itu juga sebagai proses karena teknologi pendidikan
juga berangkat dari adanya masalah pendidikan dan belajar, menganalisis
masalah tersebut, mengidentifikasi, memilih dan mengembangkan pe-
mecahannya serta menilai pelaksanaannya.
Apa nilai tambah yang diperoleh dengan teknologi di pendidikan? Peng-
gunaan teknologi pendidikan dan juga teknologi dalam pendidikan dapat
memberi nilai tambah, meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pen-
didikan dan belajar-mengajar. Proses pendidikan dan pembelajaran bisa
lebih cepat, lebih banyak yang dilayani dalam waktu relatif cepat, lebih
baik mutunya, lebih bervariasi dan menyenangkan, dsb.
Sumbangan Teknologi pada PT JJ
PTJJ adalah pendekatan yang non-konvensional. Pendidikan Terbuka
memberi keleluasaan pada siswa, mahasiswa atau peserta didik pada
umurnnya untuk memilih berbagai media/sumber belajar, waktu, tempat
dan kecepatan belajar, dukungan belajar, serta kapan masuk serta keluar
dari sistem tersebut. Dalam berbagai kasus kata terbuka dalam pendidikan
terbuka berarti sistem ini terbuka bagi siapa saja yang berminat, terlepas
dari asal tempat, usia, latar belakang sosial ekonomi, dan tidak memper-
soalkan persyaratan formal akademis (ijasah) untuk mengikutinya. Selama
seseorang dapat lulus tes masuk walaupun tidak memiliki ijasah pendidik-
an jenjang sebelumnya bisa saja diterima belajar di lembaga pendidikan
terbuka tersebut.
Katajarakjauh digunakan dalam Pendidikan Jarak Jauh karena guru/
dosen atau instruktur dan siswa, mahasiswa atau peserta latihan tidak her-
ada dalam satu tempat yang sama tapi terpisah satu sama lain. Jarak fisik
tersebut bisa saja hanya beberapa meter atau puluh meter hingga ratusan
bahkan ribuan kilometer. Namun yang penting ada interaksi dan komuni-
kasi dua arah di antara mereka yang dilakukan dengan berbagai cara baik
83