Page 91 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 91

itu  sifatnya  interaksi  tunda  (delayed interaction)  rilaupun  interaksi  yang
           seketika/pada saat yang sama  (real time interaction).

              Tidak semua proses belajar yang berjauhan dapat disebut PJJ.  Menga-
           jar seseorang yang  berada jauh dari kita bukanlah PJJ.  Guru/dosenlins-
           truktur Diklat yang memanfaatkan  siaran radio atau TV untuk mengajar-
           kan sesuatu  topik di kelas juga bukan PJJ.  Begitu pula pelajaran Bahasa
           Inggris di radio atau TV bukan pula PJJ. Kecuali adanya interaksi di anta-
           ra guru/dosenlinstruktur dan siswa/mahasiswa/peserta latihan dalam PJJ
           diperlukan adanya evaluasi yang sistematik dan akreditasi.

              Ada  beberapa alasan yang biasanya melatarbelakangi mengapa orang
           menyelenggarakan atau megikuti  PTJJ,  seperti misalnya dana,  waktu, ja-
           rak geografis, jumlah sasaran dan pertimbangan keluwesan. Masalah dana
           biasanya menyangkut terbatasnya dana yang ada baik dari sisi penyeleng-
           gara (untuk menyediakan tempat pendidikan dan pelatihan, fasilitas bela-
           jar-mengajar, mengundang peserta didik dan menampung peserta didik di
           tempat pendidikan/pelatihan) maupun dari sisi peserta (untuk membiayai
           transportasi dan pengadaan sarana dan fasilitas belajar lain yang diperlu-
           kan).
             Alasan waktu bisa berarti terbatasnya  waktu untuk mendidik seluruh
           target sasaran, tidak mungkinnya waktu yang dimiliki peserta didik untuk
           mengikuti pendidikan dan atau pelatihan secara konvensional (karena pa-
           da saat yang sama harus melakukan kegiatan penting lainnya).
             Hambatan  geografis juga  menyebabkan  orang  memilih  PJJ.  Mereka
           tidak perlu lagi harus jauh-jauh pergi  ke  lembaga pendidikan konvensi-
           onal  yang  seringkali jauh dari  tempat tinggal  mereka.  Sebaliknya,  pen-
           didikan dan atau pelatihan itulah yang  akan mendatangi  mereka dengan
          berbagai cara sehingga mereka cukup belajar di tempat tinggal  mereka
           atau tempat-tempat lain di  sekitarnya.

                                          84
   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96