Page 91 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 91
itu sifatnya interaksi tunda (delayed interaction) rilaupun interaksi yang
seketika/pada saat yang sama (real time interaction).
Tidak semua proses belajar yang berjauhan dapat disebut PJJ. Menga-
jar seseorang yang berada jauh dari kita bukanlah PJJ. Guru/dosenlins-
truktur Diklat yang memanfaatkan siaran radio atau TV untuk mengajar-
kan sesuatu topik di kelas juga bukan PJJ. Begitu pula pelajaran Bahasa
Inggris di radio atau TV bukan pula PJJ. Kecuali adanya interaksi di anta-
ra guru/dosenlinstruktur dan siswa/mahasiswa/peserta latihan dalam PJJ
diperlukan adanya evaluasi yang sistematik dan akreditasi.
Ada beberapa alasan yang biasanya melatarbelakangi mengapa orang
menyelenggarakan atau megikuti PTJJ, seperti misalnya dana, waktu, ja-
rak geografis, jumlah sasaran dan pertimbangan keluwesan. Masalah dana
biasanya menyangkut terbatasnya dana yang ada baik dari sisi penyeleng-
gara (untuk menyediakan tempat pendidikan dan pelatihan, fasilitas bela-
jar-mengajar, mengundang peserta didik dan menampung peserta didik di
tempat pendidikan/pelatihan) maupun dari sisi peserta (untuk membiayai
transportasi dan pengadaan sarana dan fasilitas belajar lain yang diperlu-
kan).
Alasan waktu bisa berarti terbatasnya waktu untuk mendidik seluruh
target sasaran, tidak mungkinnya waktu yang dimiliki peserta didik untuk
mengikuti pendidikan dan atau pelatihan secara konvensional (karena pa-
da saat yang sama harus melakukan kegiatan penting lainnya).
Hambatan geografis juga menyebabkan orang memilih PJJ. Mereka
tidak perlu lagi harus jauh-jauh pergi ke lembaga pendidikan konvensi-
onal yang seringkali jauh dari tempat tinggal mereka. Sebaliknya, pen-
didikan dan atau pelatihan itulah yang akan mendatangi mereka dengan
berbagai cara sehingga mereka cukup belajar di tempat tinggal mereka
atau tempat-tempat lain di sekitarnya.
84