Page 94 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 94
7. Pendidikan dan pelatihan dapat diantar hingga ke rumah a tau tempat
kerja peserta didik sehingga memudahkan mereka mengikutinya;
8. PTJJ memungkinkan program-program interaktif yang dapat disam-
paikan ke banyak lokasi yang terhubungkan dalam jaringan untuk be-
la jar dalam kelompok atau pemecahan masalah secara kolaboratif;
9. Sistem ini berfokus pada siswa dan memberikan keleluasaan pada sis-
wa untuk mengatur kecepatan bela jar, urutan, dan gaya interaksi peng-
alaman belajar;
10. PTJJ memberikan kemudahan akses ke sumber belajar dan para ahli
di daerah terpencil baik dari dalam maupun luar organisasi.
Bagaimana mungkin PTJJ dapat memiliki kelebihan-kelebihan terse-
but? Apakah itu karena peran teknologi?
Telah dikatakan di depan bahwa teknologi tak mudah dipisahkan dari
masalah. Teknologi ada karena adanya masalah dalam hid up manusia yang
perlu pemecahan. Kontribusi teknologi sebenarnya bukan saja pada PTJJ
tetapi juga pada pendidikan pada umumnya. Dulu orang merasa cukup
untuk mengajar dan mendidik anaknya sendiri. Itu dimungkinkan karena
pengetahuan, sikap dan keterampilan yang perlu dikuasai amatlah sederha-
na dan tidak banyak. Begitu pesan-pesan didik dan ajaran yang perlu dikua-
sai bertambah banyak terasa tak mungkin itu semua diingat di kepala gu-
ru/dosen. Temuan teknologi cetak membantu pendidikan dengan lahirnya
buku dan media cetak lainnya.
Guru atau instruktur tidak lagi harus menghafal di luar kepala apa-apa
yang akan diajarkan kedapa anak didiknya. Kecuali itu juga semakin tidak
mungkin hal itu dilakukan karena makin banyak dan kompleknya pesan-
pesan pendidikan dan pelatihan untuk diingat luar kepala. Di situlah peran
buku dan media cetak pada umumnya sebagai produk teknologi. Sumbang-
an ini terus terasa hingga sekarang terutama bagi PTJJ karena masih
87