Page 96 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 96
Akses siswa/mahasiswa PTJJ terhadap berbagai sumber belajar dan
sumber informasi semakin terbuka luas berkat teknologi komputer,
internet, website dan perpustakaan elektronik.
Secara garis besar ada empat kelompok teknologi sebagaimana dika-
takan Daniel (1997) yang selama ini telah berpengaruh pada perkembang-
an PTJJ, yaitu :
(1). Perpaduan teknologi cetak dan pas;
(2). Siaran media massa;
(3). Media perorangan; dan
( 4) . S istem telekomunikasi.
Kelompok teknologi yang pertama telah memungkinkan diselengga-
rakannya pendidikan korespondensi, sebagai cikal bakal PTJJ, dengan
menggunakan jasa pas.
Media massa siaran seperti radio dan televisi tidak saja menambah di-
mensi PTJJ dari hanya mengandalkan bahan belajar cetak saja ditambah
dengan media audiovisual berupa siaran radio dan TV. Manfaat siaran ini
sebagaimana dijumpai dalam banyak program PTJJ tidak hanya untuk
menunjang proses belajar siswa/mahasiswa tetapi juga memberikan pen-
didikan atau menyebarkan pengetahuan kepada khalayak masyarakat luas
di luar target sasaran. Penyiaran program-program PTJJ melalui radio
dan televisi ini sekaligus juga mempromosikan lembaga PTJJ itu sendiri.
Dengan 20 jam siaran TV per minggunya dalam tempo tiga minggu saja
beberapa juta penonton telah mengikuti program televisi Universitas Ter-
buka Inggris paling sedikit selama 15 menit. Padahal jumlah mahasiswa
yang mendaftar satu mata kuliah paling banyak hanya 9000 orang. Peng-
gunaan program siaran juga membawa dampak lain pada peserta didik
terutama mereka yang tinggal di daerah terpencil yaitu merasa menjadi
bagian dari suatu masyarakat belajar. Fenomena seperti ini dapat pula
89