Page 87 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 87

TEKNOLOGI DALAM
                   PENDIDIKAN TERBUKA DAN JARAK  JAUH




                                    Arief S.  Sadiman






            Pengantar
               Berbicara  tentang  Pendidikan  Terbuka  I  Jarak  Jauh  (PTJJ)  amatlah
            sulit dilepaskan dari teknologi karena teknologilah salah satu faktor pendo-
            rong  lahir dan berkembangnya pendidikan terbuka atau jarakjauh. Kalau
            kita lihat ke belakang bagaimana kegiatan pendidikan mengalami proses
            perubahannya dari masa ke masa maka  tampak jelas bagaimana teknologi
            telah memberikan kontribusi pada pendidikan khususnya PTJJ ini.
               As by  ( 1 972)  sebagaimana  dikutip  oleh  M iarso  (1991)  dan
            Hackbarth ( 1996) mengatakan bahwa penggunaan media elektronika (se-
            bagai produk teknologi) dalam pendidikan telah mengakibatkan  revolusi
            keempat dalam dunia pendidikan. Ribuan tahun yang lalu manusia mendi-
            dik anak mereka sendiri karena pengetahuan dan keterampilan yang per-
            lu dipelajari atau dikuasai sangatlah terbatas pada hal-hal praktis keseha-
            rian  yang  diperlukan  untuk  hidup  dan  mempertahankan hidup .  Revolusi
            pertama terjadi  pada saat masyarakat membedakan tanggungjawab orang
            dewasa dan tugas mendidik anak-anak  dipercayakan oleh orang tua kepa-
            da orang lain yang disebut guru.  Pada saat ini guru merupakan satu-satu-
            nya  sumber belajar tempat anak bergantung.  Revolusi kedua terjadi  saat
            digunakannya bahasa  tulisan  sebagai sarana pendidikan.
              Guru  menggunakan  manuskrip  yang  biasanya  milik  pribadi.  tulisan
            tangan. dalam proses belajar mengajar. Guru membacakan pelajaran yang

                                           80
   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92