Page 87 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 87
TEKNOLOGI DALAM
PENDIDIKAN TERBUKA DAN JARAK JAUH
Arief S. Sadiman
Pengantar
Berbicara tentang Pendidikan Terbuka I Jarak Jauh (PTJJ) amatlah
sulit dilepaskan dari teknologi karena teknologilah salah satu faktor pendo-
rong lahir dan berkembangnya pendidikan terbuka atau jarakjauh. Kalau
kita lihat ke belakang bagaimana kegiatan pendidikan mengalami proses
perubahannya dari masa ke masa maka tampak jelas bagaimana teknologi
telah memberikan kontribusi pada pendidikan khususnya PTJJ ini.
As by ( 1 972) sebagaimana dikutip oleh M iarso (1991) dan
Hackbarth ( 1996) mengatakan bahwa penggunaan media elektronika (se-
bagai produk teknologi) dalam pendidikan telah mengakibatkan revolusi
keempat dalam dunia pendidikan. Ribuan tahun yang lalu manusia mendi-
dik anak mereka sendiri karena pengetahuan dan keterampilan yang per-
lu dipelajari atau dikuasai sangatlah terbatas pada hal-hal praktis keseha-
rian yang diperlukan untuk hidup dan mempertahankan hidup . Revolusi
pertama terjadi pada saat masyarakat membedakan tanggungjawab orang
dewasa dan tugas mendidik anak-anak dipercayakan oleh orang tua kepa-
da orang lain yang disebut guru. Pada saat ini guru merupakan satu-satu-
nya sumber belajar tempat anak bergantung. Revolusi kedua terjadi saat
digunakannya bahasa tulisan sebagai sarana pendidikan.
Guru menggunakan manuskrip yang biasanya milik pribadi. tulisan
tangan. dalam proses belajar mengajar. Guru membacakan pelajaran yang
80