Page 82 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 82

dalam  pemilihan  media  dalam  PTJJ  yang  antara  lain  berkaitan  dengan
        tujuan  belajar  yang  akan  dicapai,  kondisi  peserta  didik  yang  meliputi
        aksesibilitas terhadap media,  kenyamanan  menggunakan media,  mampu
        memotivasi,  serta  kemampuan  organisasi  dalam  pengembangan  dan
        pengadaan  media.  Sementara  Bates  (1995)  mengembangkan  sebuah
        kerangka pemilihan media  yang sistimatis dengan memperhatikan tujuh
        faktor  yang  perlu  dipertimbangkan  yaitu:  access  (aksesibilitas),  costs
        (biaya),  teaching  and  learning  (proses  pengajaran dan  pembelajaran),
        interactivity  (interaktifitas),  organisational  issues  (permasalahan  orga-
        nisasi),  novelty  (kemuktahiran),  dan  speed (kecepatan).  Ketujuh  faktor
        disingkat dalam akronim yang mudah dikenali yaitu ACTIONS.
           Pada dasarnya  Rowntree  maupun Bates  sependapat bahwa pemilihan
        media  dalam  PTJJ  perlu  memperhatikan beberapa  faktor  seperti:  akses
        terhadap media baik bagi peserta didik maupun institusi penyelenggara,
        biaya, peranan media dalam proses pembelajaran dan pengajaran. Faktor-
        faktor  tersebut  merupakan  faktor  yang  sangat  mendasar  yang  perlu  di-
        perhatikan dan dipertimbangkan bagi mereka yang berminat dalam PTJJ
        atau bahkan bagi mereka yang  telah terjun dalam dunia PTJJ.


        1.  Akses terhadap media
           Pengertian  akses  terhadap  media  adalah  adanya  ketersedian  dan
        kemudahan memperoleh atau menggunakan media. Akses terhadap media
        ini harus dilihat dari dua sisi,  yaitu sisi  institusi penyelenggara PTJJ dan
        sisi peserta didik/calon peserta didik.  Dalam PTJJ, seberapapun penting-
        nya bahan ajar yang akan disampaikan dan betapapun baiknya teknik pe-
        nyampaiannya,  akan  menjadi  sia-sia  apabila  peserta  didik  tidak  dapat
        menerimanya,  hanya  karena  mereka tidak memiliki  akses  terhadap  me-
        dia yang membawa bahan ajar tersebut.  Akses terhadap penggunaan me-
        dia  oleh  institusi  penyelenggara  PTJJ juga menjadi  pertimbangan dalam

                                       75
   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87