Page 84 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 84

Walaupun pemikiran ini sangat masuk aka!,  pemilihan media ternyata sa-
        ngat berkaitan erat dengan fungsi  pembelajaran.
           Berkaitan dengan hal ini Gagne et.al. (1988) melihat 3 faktor yang per-
        lu diperhatikan, yaitu:
           •  karakteristik fisik media
           •  tujuan belajar
           •  kemampuan peserta didik
        Ketiga faktor  ini  mempunyai peranan yang cukup besar dalam pemilihan
        media yang tepat dalam PTJJ.


        a.  Karakteristik fisik media
          Karakteristik  fisik  media  merupakan  satu  hal  yang  perlu  dipertim-
        bangkan  dalam  pemilihan  media.  Pertimbangan  ini  berkaitan  dengan
        kemampuan media  untuk menyajikan informasi verbal ,  baik dalam ben-
        tuk  teks  maupun  audio.  Kemampuan  audio  umumnya  merupakan
        kemampuan  tambahan  dari  beberapa  media,  misalnya  media  komputer
        dengan  kemajuan  teknologi  dapat menyajikan  suara,  media  televisi  dan
        lain-lain.  Kemampuan  media  dalam  menyajikan  informasi  visual  dan
       gerakan  merupakan  salah  satu  karakter  fisik  yang  dapat  mendasari  pe-
        rnilihan  media.

        b.  Tujuan  belajar

          Secara  umum  dapat  dikatakan  bahwa  hampir  semua jenis  media
       digunakan untuk menyampaikan sebagian besar tujuan bela jar, tetapi tidak
       pula disangkal bahwa media tertentu akan lebih efektif apabila digunakan
       untuk pencapaian tujuan belajar tertentu pula.  Misalnya, unruk mengajarkan
       bahasa  asing,  media  cetak tidak  cukup  memadai  untuk  menyampaikan
       materi  ajarnya.  Kemampuan  berbahasa asing  tidak akan  dapat  dikuasai
       oleh perserta didik hanya  melalui  media cetak saja.  Dalam hal  ini  peng-

                                       77
   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89