Page 84 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 84
Walaupun pemikiran ini sangat masuk aka!, pemilihan media ternyata sa-
ngat berkaitan erat dengan fungsi pembelajaran.
Berkaitan dengan hal ini Gagne et.al. (1988) melihat 3 faktor yang per-
lu diperhatikan, yaitu:
• karakteristik fisik media
• tujuan belajar
• kemampuan peserta didik
Ketiga faktor ini mempunyai peranan yang cukup besar dalam pemilihan
media yang tepat dalam PTJJ.
a. Karakteristik fisik media
Karakteristik fisik media merupakan satu hal yang perlu dipertim-
bangkan dalam pemilihan media. Pertimbangan ini berkaitan dengan
kemampuan media untuk menyajikan informasi verbal , baik dalam ben-
tuk teks maupun audio. Kemampuan audio umumnya merupakan
kemampuan tambahan dari beberapa media, misalnya media komputer
dengan kemajuan teknologi dapat menyajikan suara, media televisi dan
lain-lain. Kemampuan media dalam menyajikan informasi visual dan
gerakan merupakan salah satu karakter fisik yang dapat mendasari pe-
rnilihan media.
b. Tujuan belajar
Secara umum dapat dikatakan bahwa hampir semua jenis media
digunakan untuk menyampaikan sebagian besar tujuan bela jar, tetapi tidak
pula disangkal bahwa media tertentu akan lebih efektif apabila digunakan
untuk pencapaian tujuan belajar tertentu pula. Misalnya, unruk mengajarkan
bahasa asing, media cetak tidak cukup memadai untuk menyampaikan
materi ajarnya. Kemampuan berbahasa asing tidak akan dapat dikuasai
oleh perserta didik hanya melalui media cetak saja. Dalam hal ini peng-
77