Page 79 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 79
• penemuan (discovery)
• pemecahan masalah (problem solving)
Program yang berbentuk drill and practice umumnya digunakan apa-
bila peserta didik diasumsikan telah mempelajari konsep, prinsip dan
prosedur sebagai materi pembelajaran. Thjuan dari bentuk program ini
adalah melatih kecakapan dan keterampilan, dan biasanya menyajikan
sejumlah soal atau kasus yang memerlukan respon peserta didik dengan
disertai umpan balik, baik yang bersifat positif maupun negatif. Selain
memberikan umpan balik, program ini umumnya juga menyajikan
pengukuhan terhadap jawaban yang tepat.
Bentuk lain dari penyajian program komputer adalah program tutori-
al. Program ini menyajikan informasi dan pengetahuan dalam topik-topik
tertentu diikuti dengan latihan pemecahan soal dan kasus. Keunggulan lain
dari program tutorial adalah kemampuannya untuk menyajikan informasi
dalam bentuk bercabang (branches). Bentuk ini memberikan kebebasan
bagi peserta didik untuk mempelajari materi ajar yang lebih disukai terle-
bihdahulu.
Permainan (game) selalu menarik dan menyenangkan untuk diikuti,
demikian pula halnya dengan program komputer yang mengemas informasi
dalam bentuk permainan. Program yang berisi permainan dapat memberi
motivasi bagi si~wa untuk mempelajari informasi yang ada di dalarnnya.
' ; ; Hal ini sangat berkaitan erat dengan essensi bentuk permainan yang sela-
. lu menampilkan masalah menantang yang perlu dicari solusinya oleh pe-
makai.
Program simulasi berupaya melibatkan siswa dalam persoalan yang
mirip dengan situasi yang sebenarnya namun tanpa resiko yang nyata.
Melalui program simulasi peserta didik diajak untuk membuat keputusan
72