Page 81 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 81
rna peserta didik, dan dengan tutor. Kemampuan interaktif ini mampu
membuat proses bela jar menjadi lebih efektif yang memberi kemungkin-
an kepada tutor atau instruktur untuk memberikan umpan balik (feedback)
terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Jaringan komputer yang
paling umum digunakan adalah internet. Saat ini teknologi internet telah
memungkinkan setiap orang memperoleh akses yang lebih besar terha-
dap beragam informasi yang tersedia. Teknologi ini telah dimanfaatkan
secara luas mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai pada jenjang yang
lebih tinggi. Me. Isaac dan Barnard (1995) mengemukakan bahwa:
"... The internet is, in fact, a collection of independent academic,
scientific, government, and commercial network providing electronic
mail and access to file server with free software and millions of pages
of text and graphic data that even thousands of elementary and secon-
dary students are now using (hal.418).
Pemilihan Media Dalam PT JJ
Pemilihan media untuk PTJJ berbeda dengan pemilihan media bagi
pendidikan yang menggunakan sistem belajar tatap muka, walaupun
keduanya tetap mengacu kepada karakteristik yang dimiliki oleh masing-
masing media. P( rbedaan ini pada dasarnya terletak pada bagaimana
memanfaatkan karakteristik tiap-tiap media untuk dapat diterapkan da-
lam PTJJ yang bercirikan adanya keterbatasan jarak, ruang dan waktu.
Bagaimana sebuah institusi yang akan menerapkan PTJJ dapat menentu-
kan pilihan media yang akan digunakan dalam menyampaikan bahan
ajarnya? Banyak faktor yang mempengaruhi dan perlu dipertimbangkan
dalam memilih media yang akan diterapkan dalam penyelenggaraan se-
buah institusi penyelenggara PTJJ. Rowntree (1994) mengemukakan
sejumlah kriteria yang perlu dipertimbangkan oleh pengambil keputusan
74