Page 75 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 75
lebih mudah diterirna. Selain itu faktor penggunaan bahasa yang seder-
hana dan kosa kata yang sudah dikenal, pemberian contoh-contoh, baik
melalui drarnatisasi maupun kasus-kasus juga sangat berpengaruh pada
keberhasilan penggunaan media radio. Keterbatasan lain dari media ini
adalah sebagai sarana komunikasi satu arah. Untuk mengatasi keterba-
tasan ini penggunaan siaran radio harus disertai dengan fasilitas yang
memungkinkan siswa dapat melakukan interaksi dua arah, misalnya de-
ngan penggunaan bahan ajar pendukung akan membantu mahasiswa
mengantisipasi rnateri yang diajarkan. Selain itu dengan kemajuan tek-
nologi, interaksi dua arah antara peserta didik dan tutor dapat dilakukan
melalui telepon.
Dengan mempertimbangkan keunggulan yang dimiliki oleh media ra-
dio ini, sejurnlah institusi PTJJ baik di negara maju maupun negara ber-
kembang memanfaatkan siaran radio sebagai penyarnpai materi ajarnya
seperti: United Kingdom Open University (UKOU, Inggris), Allama Iqbal
Open University (Pakistan), Sukhothai Thammathirat Open University
(SlDU, Thailand), Indira Gandhi Open University (IGNOU, India), Uni-
versity of the Air (Jepang) dan Universitas Terbuka (UT, Indonesia).
c. Televisi
Televisi dikenal sebagai media yang sangat kaya yang mampu menyaji-
kan beragam informasi dalam bentuk suara dan garnbar secara bersa-
maan. Dengan perke"mbangan teknologi yang luar biasa, sistem pe-
mancaran dan penerimaan tayangan televisi dapat dilakukan dengan
berbagai macarn sistem, antara lain: broadcast transmission, closed-circuit
television (CCIV), TV-cable, satellite transmission, (Bates, 1995; Heinich,
et.al.1996). Walaupun sistem pemancaran dan penerirnaan siaran tele-
visi tidak berpengaruh kepada informasi ataupun program yang disiar-
kan, masing-masing sistem memiliki cara kerja yang berlainan.
68