Page 382 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 382

kampus Perguman Tinggi  Negeri dengan harapan terjadinya suasana tu-
         torial  yang  mirip dengan  kehidupan kampus  ternyata  tidak selalu mem-
         buahkan  basil  seperti  yang  kita  harapkan.  Lalu  apakah  UT masih  ada
         gunanya?
            Barangkali kita perlu mengkaji persoalannya lebih mendalam lagi. lsti-
         lah  'terbuka'  pada SMP-Terbuka sering diartikan  bahwa siswa-siswa  itu
         belajar di 'alam terbuka' tidak dalam mang kelas seperti lazimnya sebuah
         sekolah. Salah satu tayangan promosi SMP-Terbuka waktu itu menunjuk-
         kan  seorang  anak yang  sedang  menggembala  kerbau,  sambil  membawa
         bahan belajar tertulis.  Sambil menunggu kerbaunya memakan rumput,  ia
         belajar dari buku yang dipegangnya itu.  Tayangan tersebut sesungguhnya
         tidak  dimaksudkan  untuk  menyampaikan  pesan  tentang  'alam  terbuka'
         tempat anak SMP tadi belajar,  melainkan untuk menampilkan keterbuka-
         an atau  lebih tepat barangkali keluwesan cara belajar,  bahwa belajar itu
         tidak hams terikat oleh waktu maupun tempat.
            Apa yang dilakukan oleh The Open University di Inggris adalah memberi
         peluang  kepada  masyarakat  luas  untuk  mempelajari  apa  yang  lazimnya
         hanya diajarkan di mang kuliah pada sebuah universitas. Istilah 'terbuka'
         hendaknya  lebih  diartikan  pada  sifat tidak  tergantungnya  proses  belajar
         pada  kendala  yang  lazim  terdapat dalam  pendidikan konvensional.  The
         Open  University  diadakan  setelah  tersedianya  siaran televisi  yang  dapat
         menjangkau cakupan pemirsa yang cukup luas.  Seseorang dapat menjadi
         'mahasiswa'  hanya  dengan  mengikuti  program-program  tertentu  dari
         tayangan televisi tersebut.  Bahkan,  ia tidak hams mendaftar secara resmi
         sebagai  'mahasiswa'  selama  dia  tidak  meminta  dievaluasi  kemajuannya
         dan tidak meminta pengakuan akan prestasinya. Tentu saja, mereka yang
         ingin  secara  sungguh-sungguh  mengikuti  program-program  yang  disaji-
         kan  melalui televisi  itu disediakan pula layanan tambahan seperti bahan
        tertulis,  program tutorial, evaluasi basil belajar,  dan sebagainya.

                                       395
   377   378   379   380   381   382   383   384   385   386   387