Page 386 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 386

harus mempertemukan dua pihak pada tempat yang sama dan waktu yang
         juga bersamaan,  kini  ditembus  dengan  tersedianya  fasilitas  telekomuni-
         kasi  dan  rekaman  elektronik  yang  mudah  disediakan.  Bahkan,  yang
         mengubah  proses  pembelajaran secara  lebih  drastis  lagi  adalah  unsur
         kepintaran yang dahulu hanya menjadi monopoli otak manusia, kini dapat
         digantikan oleh sebuah mesin yang tidak terlalu mahal harganya.
            Dengan kehadiran jaringan internet,  setiap lembaga pendidikan kon-
         vensional dalam praktek sehari-hari sudah melakukan sebagian transaksi
         ilmunya melalui apa yang dahulu dimonopoli oleh lembaga pendidikan ja-
         rakjauh. Lalu UT harus bagaimana? Dari segi kepakaran disiplin keilmu-
         an,  sudah  barang  tentu  UT tidak akan sanggup  untuk bersaing  dengan
         universitas konvensional ternama. Karena itu, UT harus mencari jati-diri
         dan sisi keunggulannya pada kepakaran dalam perwujudan transaksi ilmu
         lewat media. Pusat Antar Universitas yang dahulu dititipkan pada UT harus
         keluar dari jalur  kebiasaan  lamanya  menangani  efektivitas  dan  efisiensi
         transaksi  ilmu tatap muka, dan mulai lebih memfokuskan perhatian pada
         transaksi  ilmu  dengan  menggunakan  media  elektronik.  Pusat  Produksi
         Media dengan stafnya yang sudah terlatih harus lebih dimanfaatkan. Untuk
         mendukung  itu  telah  didirikan  Pusat  Penelitian  Media  agar  UT  tidak
         ketinggalan  mengikuti  kiprahnya  perkembangan  teknologi  yang  sedang
         berlangsung.  Pusat Studi Indonesia yang  tadinya berupa ajang penelitian
         seperti  yang  lazim  ada  di  universitas  biasa,  sebaiknya  lebih  berperan
         sebagai pengelola Jaringan Informasi tentang Indonesia. Fakultas membe-
         ri  dukungan  dengan  menampilkan  ciri-ciri  khusus  disiplin  ilmu  yang
         dibawakannya.
           Sasaran  UT  untuk  menjadi  ajang  belajar  bagi  mereka  yang  sedang
         bekerja justru akan  semakin  penting,  khususnya  dalam  melayani  pendi-
        dikan yang sifatnya terbuka. Globalisasi ekonomi akan menuntut fleksibili-
        tas  sumber  daya  manusia  untuk  selalu  melakukan  proses  adaptasi  agar

                                       399
   381   382   383   384   385   386   387   388   389   390   391