Page 278 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 278

Dengan sifat UT yang  terbuka pula,  maka program akademik UT sa-
          ngat bercirikan fleksibilitas.  Hal ini  memungkinkan siapa saja yang  ingin
          berpartisipasi dalam program pendidikan di  UT untuk melakukan pemi-
          lih-an terhadap apa yang ingin ditempuh sesuai dengan prioritas indivi-du

          masing-masing.  Ketika  perubahan  zaman  terjadi  begitu  cepat,  dan  ke-
          butuhan masyarakat untuk beradaptasi dengan perubahan berkembang pe-
          sat secara terus menerus,  maka pilihan-pilihan yang disajikan UT meta-
          lui  program  akademik  yang  fleksibel  memberikan  kesempatan  kepada
          setiap anggota  masyarakat di  Indonesia untuk selalu  belajar dan  belajar
          sepanjang  hayat  agar  selalu  dapat  beradaptasi  dengan  perubahan  yang
          terjadi.  Di masa yang akan datang,  program akademik yang  fleksibel  ini
          menjadi tumpuan untuk pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan
          dan  sangat menunjang  kelangsungan  proses  pendidikan  sepanjang  hayat
          bagi setiap warga Indonesia.
             Program akademik  UT yang  dirancang  secara sistematis  dengan  se-
          lalu  memperhatikan  perkembangan  internal  maupun  eksternal  merupa-
          kan program akademik yang utuh, sahih dan dapat dipercaya.  Daya jang-
          kau  UT  yang  begitu  luas  menyebabkan  program  akademik  UT  yang
          berkualitas  dapat diikuti  oleh  sejumlah  besar  mahasiswa  secara serem-
          pak. Bahkan, produk UT yang berupa bahan ajar cetak dan noncetak  da-
          pat dimanfaatkan  bukan hanya  terbatas  oleh  mahasiswa  UT saja,  tetapi
         juga oleh  mahasiswa  perguruan  tinggi  lain,  bahkan  masyarakat  umum.
          Standar program akadernik UT yang satu dan berlaku umum secara khu-
          sus telah dan akan tetap mampu mengatasi masalah kesenjangan peroleh-
          an pendidikan karena adanya beragam standar  perguruan tinggi.  Misal-
          nya,  terdapat  kesenjangan  yang  amat  besar  antara  lulusan  salah  satu
          perguruan  tinggi  di  Indonesia  bagian  barat dengan  lulusan  salah  satu
          perguruan  tinggi  di  Indonesia  bagian  timur,  karena  adanya  perbedaan
          standar program akademik.  Lebih jauh lagi,  karena program akademik

                                        285
   273   274   275   276   277   278   279   280   281   282   283