Page 278 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 278
Dengan sifat UT yang terbuka pula, maka program akademik UT sa-
ngat bercirikan fleksibilitas. Hal ini memungkinkan siapa saja yang ingin
berpartisipasi dalam program pendidikan di UT untuk melakukan pemi-
lih-an terhadap apa yang ingin ditempuh sesuai dengan prioritas indivi-du
masing-masing. Ketika perubahan zaman terjadi begitu cepat, dan ke-
butuhan masyarakat untuk beradaptasi dengan perubahan berkembang pe-
sat secara terus menerus, maka pilihan-pilihan yang disajikan UT meta-
lui program akademik yang fleksibel memberikan kesempatan kepada
setiap anggota masyarakat di Indonesia untuk selalu belajar dan belajar
sepanjang hayat agar selalu dapat beradaptasi dengan perubahan yang
terjadi. Di masa yang akan datang, program akademik yang fleksibel ini
menjadi tumpuan untuk pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan
dan sangat menunjang kelangsungan proses pendidikan sepanjang hayat
bagi setiap warga Indonesia.
Program akademik UT yang dirancang secara sistematis dengan se-
lalu memperhatikan perkembangan internal maupun eksternal merupa-
kan program akademik yang utuh, sahih dan dapat dipercaya. Daya jang-
kau UT yang begitu luas menyebabkan program akademik UT yang
berkualitas dapat diikuti oleh sejumlah besar mahasiswa secara serem-
pak. Bahkan, produk UT yang berupa bahan ajar cetak dan noncetak da-
pat dimanfaatkan bukan hanya terbatas oleh mahasiswa UT saja, tetapi
juga oleh mahasiswa perguruan tinggi lain, bahkan masyarakat umum.
Standar program akadernik UT yang satu dan berlaku umum secara khu-
sus telah dan akan tetap mampu mengatasi masalah kesenjangan peroleh-
an pendidikan karena adanya beragam standar perguruan tinggi. Misal-
nya, terdapat kesenjangan yang amat besar antara lulusan salah satu
perguruan tinggi di Indonesia bagian barat dengan lulusan salah satu
perguruan tinggi di Indonesia bagian timur, karena adanya perbedaan
standar program akademik. Lebih jauh lagi, karena program akademik
285