Page 273 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 273

menjadi  lebih  terbuka bagi beragam  lapisan masyarakat yang  ingin me-
         lanjutkan  proses  pendidikannya,  melalui  proses  penghargaan  terhadap

         pengalaman dan perolehan akademik sebelumnya.
            Pengkajian model bahan ajar pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh
         difokuskan kepada tiga hal, yaitu pemanfaatan bahan ajar bersama lintas
         fakultas dan lintas program studi, bentuk bahan ajar moduler yang flek:si-
         bel, model bahan ajar untuk sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak
         jauh. Pemanfaatan bahan ajar bersama lintas fakultas dan lintas program
         studi dimaksudkan untuk standardisasi mutu dan efisiensi di pihak  UT,
         serta  kemudahan  bagi  mahasiswa.  Dengan  pemanfaatan  bahan  ajar
         bersama,  pengembangan bahan ajar  mulai  dari  penyusunan GBPP,  pe-
         nyusunan bahan ajar,  pelatihan penulis,  dan proses penerbitan diharap-
         kan  menjadi  lebih  efisien.  Standardisasi  mutu  bagi  mata  kuliah  yang
         merniliki ruang lingkup yang sama juga menjadi tujuan dari pemanfaatan
         bahan ajar bersama,  sehingga beberapa pakar dapat berembuk masalah
         isi  mata  kuliah  untuk  meniadakan  perbedaan antar  mata  kuliah  yang
         memiliki  ruang  lingkup  sama.  Pemanfaatan  bahan ajar  bersama juga
         memungkinkan mahasiswa untuk sating merninjam bahan ajar walaupun
         dari program studi  yang  berbeda.  Pemanfaatan bahan ajar bersama ini
         hanya dimungkinkan jika bahan ajar berbentuk moduler yang  fleksibel,
         sehingga beberapa modul yang tersedia dapat dirakit sedemikian rupa un-
         tuk keperluan masing-masing program studi. Di akhir lima tahun ketiga,
         bentuk bahan ajar moduler serta pemanfaatan bahan ajar bersama akan
        menjadi kebijakan UT.
           Sementara itu, pengkajian model bahan ajar untuk sistem pendidikan
        terbuka dan jarak jauh, di samping dimaksudkan untuk memperoleh mo-
        del bahan ajar yang baik untuk UT, juga diharapkan dapat meningkatkan
        keterampilan  tenaga  pengajar UT sebagai  ahli  pengembang  bahan ajar
        sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh. Bahan ajar yang sekarang di-

                                       280
   268   269   270   271   272   273   274   275   276   277   278