Page 273 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 273
menjadi lebih terbuka bagi beragam lapisan masyarakat yang ingin me-
lanjutkan proses pendidikannya, melalui proses penghargaan terhadap
pengalaman dan perolehan akademik sebelumnya.
Pengkajian model bahan ajar pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh
difokuskan kepada tiga hal, yaitu pemanfaatan bahan ajar bersama lintas
fakultas dan lintas program studi, bentuk bahan ajar moduler yang flek:si-
bel, model bahan ajar untuk sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak
jauh. Pemanfaatan bahan ajar bersama lintas fakultas dan lintas program
studi dimaksudkan untuk standardisasi mutu dan efisiensi di pihak UT,
serta kemudahan bagi mahasiswa. Dengan pemanfaatan bahan ajar
bersama, pengembangan bahan ajar mulai dari penyusunan GBPP, pe-
nyusunan bahan ajar, pelatihan penulis, dan proses penerbitan diharap-
kan menjadi lebih efisien. Standardisasi mutu bagi mata kuliah yang
merniliki ruang lingkup yang sama juga menjadi tujuan dari pemanfaatan
bahan ajar bersama, sehingga beberapa pakar dapat berembuk masalah
isi mata kuliah untuk meniadakan perbedaan antar mata kuliah yang
memiliki ruang lingkup sama. Pemanfaatan bahan ajar bersama juga
memungkinkan mahasiswa untuk sating merninjam bahan ajar walaupun
dari program studi yang berbeda. Pemanfaatan bahan ajar bersama ini
hanya dimungkinkan jika bahan ajar berbentuk moduler yang fleksibel,
sehingga beberapa modul yang tersedia dapat dirakit sedemikian rupa un-
tuk keperluan masing-masing program studi. Di akhir lima tahun ketiga,
bentuk bahan ajar moduler serta pemanfaatan bahan ajar bersama akan
menjadi kebijakan UT.
Sementara itu, pengkajian model bahan ajar untuk sistem pendidikan
terbuka dan jarak jauh, di samping dimaksudkan untuk memperoleh mo-
del bahan ajar yang baik untuk UT, juga diharapkan dapat meningkatkan
keterampilan tenaga pengajar UT sebagai ahli pengembang bahan ajar
sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh. Bahan ajar yang sekarang di-
280