Page 271 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 271
Di samping penutupan program studi, UT juga masih membuka be-
berapa program studi baru dalam peri ode lima tahun ketiga ini, antara
lain program studi S 1 Ilmu Komunikasi, S lllmu Pemerintahan, S 1 Sosiologi
Perekonomian dan Masalah Sosial, serta program diploma Pengelolaan
Lingkungan. Kemudian, UT juga melakukan upaya persiapan pembuka-
an beberapa program studi , yaitu S1 Ke-SD-an, S1 Pendidikan IPS, S1
Penjaskes, dan S2 Manajemen.
Dalam periode lima tahun ketiga UT melakukan perubahan kuriku-
lum. Walaupun perubahan kurikulum UT pada awalnya dipicu oleh terbit-
nya Kurikulum Nasional (Kurnas) 1994, setelah melalui proses pengka-
jian yang intensif UT menyatakan perlu memiliki kurikulum sendiri yang
dilandaskan pada Kurnas 1994, perkembangan IPTEK dan kebutuhan ma-
syarakat, namun dapat diterapkan dengan sistem belajar terbuka dan ja-
rak jauh. Kurikulum UT dikembangkan dengan memperhatikan beberapa
faktor, antara lain sebagai berikut:
1. Mengingat perencanaan dan pengembangan program akademik UT
merupakan proses yang panjang dan intensif, kurikulum UT tidak da-
pat berubah dengan mudah. Perubahan sekecil apapun perlu pemikir-
an dan perencanaan yang matang dan melibatkan berbagai pihak, ter-
utama yang berkaitan dengan masa peralihan bagi mahasiswa yang
berjumlah besar.
2. Kurikulum UT diharapkan mampu memberikan keluwesan terhadap
beragam pilihan mahasiswa. Oleh karena itu, kurikulum program
akademik UT terdiri dari dua bagian besar, yaitu kelompok mata ku-
liah inti dan kelompok mata kuliah pilihan. Mata kuliah yang tercantum
dalam kelompok mata kuliah inti mencerrninkan persyaratan minimal
untuk menjadi lulusan dalam program studi bidang ilmu tertentu,
sehingga wajib diikuti oleh semua mahasiswa peserta program studi
tersebut. Kelompok mata kuliah pilihan memberikan keleluasaan ke-
278