Page 267 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 267
selesai dan bekerja di fakultas masing-masing dan atau unit pendukung di
UT Pusat. Pola pengembangan tenaga pengajar mengalami sedikit
'
perubahan pada periode lima tahun kectua· itu dengan adanya perimbang-
an fokus antara pendidikan lanjut bidang ilmu dan bidang pengelolaan
pendidikanjarakjauh. Hal ini terjadi seiring dengan perubahan fokus UT,
dari universitas pengelola sumber saja menjadi universitas pengelola sum-
her dan universitas sumber.
Dalam periode lima tahun kedua itu, walaupun UT secara relatif telah
sukses dalam menghasilkan variasi program dalam jumlah banyak untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah-ubah dan
didukung oleh tenaga pengajar yang relatif memadai, namun dapat dikata-
kan UT belum berhasil memberikan keluwesan pelayanan yang dituntut
oleh berbagai kelompok, karena masih banyak sistem pelayanan akademik
UT yang belum menunjang variasi kebutuhan program yang berkembang
(baik dari segi hardware, software, humanware, maupun mekanisme pela-
yanan). Padahal kedua hal tersebut merupakan daya tarik UT paling uta-
rna untuk menjamin perkembangan UT sebagai institusi perguruan tinggi
terbuka dan jarak jauh.
Lima Tahun Ketiga (1994-1999)
Periode lima tahun ketiga dalam pertumbuhan UT diwarnai dengan
beragam gejolak yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal.
Secara umum, dalam skala nasional maupun internasional, periode lima
tahun ketiga ini merupakan periode persiapan pergantian abad menyong-
song milenium ketiga dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam
kecepatan yang luar biasa. Teknologi informasi yang semakin berkem-
bang pesat memperkenalkan adanya electronic information superhighway
dalam dunia cyber (cyberspace) yang semakin mempermudah terjadinya
proses komunikasi lintas ruang dan waktu tanpa batas geografis. Per-
274