Page 264 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 264

peroleh informasi bahwa pertama, UT dalam melaksanakan program pen-
          didikan memberi kesempatan yang  luas  kepada  warga negara Indonesia,
          di manapun tempat tinggalnya untuk memperoleh pendidikan tinggi dengan
          kualitas  baik.  Kedua,  UT mengembangkan pelayanan pendidikan tinggi
          bagi mereka yang  sudah bekerja,  dan atau  yang  tidak dapat masuk per-
          guruan  tinggi  konvensional.  Ketiga,  UT mengembangkan  program  aka-
          demik  dan profesional  yang  disesuaikan  dengan  kebutuhan  nyata  pem-
          bangunan, yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.
          Dengan  demikian, jelas terlihat  perubahan tujuan  institusional  UT dari
          awal  pendirian UT pada tahun  1984 dibandingkan dengan tujuan institu-
          sional UT pada periode lima tahun kedua.
             Perubahan  tujuan  tersebut  sangat  berpengaruh  terhadap  sistem  pen-
          didikan  UT  secara  umum,  dan  khususnya  terhadap  pengembangan
          program.  Di samping  itu,  perubahan  orientasi pengembangan program
          UT juga terjadi seiring dengan perkembangan teori dan praktek pendidik-
          an terbuka danjarakjauh di dunia internasional, serta perkembangan tek-
          nologi  informasi dan ekonomi, baik nasional maupun internasional yang
          membuka beragam bidang kerja baru.
             Perkembangan teori dan praktek pendidikan terbuka dan jarak jauh di
          dunia  internasional  cenderung  untuk  menyarankan  sistem  pendidikan
          terbuka dan jarak jauh yang  fleksibel  bagi siapa saja,  tanpa kendala  ru-
          ang  dan  waktu.  Dengan demikian,  mahasiswa  dalam  suatu  sistem pen-
          didikan terbuka dan jarak jauh hendaknya memiliki kesempatan memilih
          dari beragam pilihan, sesuai dengan situasi dan kondisi  individu masing-
          masing. Konsekuensinya, UT tidak dapat lagi menerapkan proses pembe-
          lajaran dengan sistem paket (penetapan paket mata kuliah yang seragam
          bagi  mahasiswa  berdasarkan  program  studi),  sehingga  setiap  semester
          UT harus menawarkan seluruh mata kuliahnya  kepada mahasiswa untuk
         dapat dipilih. Dengan sendirinya, pengembangan program dalam lima ta-

                                        269
   259   260   261   262   263   264   265   266   267   268   269